REVIEW

Ternyata, Tubuh Manusia Membutuhkan Zat yang Terkandung dalam Sebatang Rokok Kretek

Rokok kretek bahan utamanya dari olahan tembakau dan cengkeh. Tembakau dan cengkeh mengandung nikotin, dan nikotin dibutuhkan sebagai obat bagi tubuh manusia. Itulah kira-kira alur singkat rantai manusia membutuhkan nikotin untuk mengobati organ tubuh yang sifatnya makin lama makin melemah.

Sementara ada kelompok antirokok yang ingin melarang peredaran rokok kretek dengan menggunakan dalil kesehatan. Ternyata kandungan dalam rokok kretek mengandung zat yang sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia bernama nikotin. Kandungan nikotin ada di banyak tumbuhan, seperti pada kembang kol, terong, kentang, tomat, tembakau dan lain sebagainya. Dari tumbuhan tersebut, tembakaulah yang punya kadar nikotin besar dibanding lainnya.

Baca: Sejatinya Kretek Adalah Warisan Budaya Tak Bendawi

Jadi tidak salah jika tembakau dikonsumsi manusia, karena untuk obat penguatan tubuh yang makin lama makin melemah. Dari hasil referensi yang saya temukan, justru manfaat tembakau bagi tubuh manusia sangat beragam. Hal ini menjadi pertanyaan yang selalu mengganjal pada pikiran. Pertanyaannya adalah mengapa selama ini rokok kretek bagi orang-orang kesehatan memberikan informasi hanya pada satu sisi, itu pun yang negatif, sedangkan banyak riset tentang tembakau yang mengatakan positif bagi tubuh manusia?. Apakah ini disengaja, tidak disengaja, atau memang hanya ikut kepentingan orang lain?.

Terlepas dari jawaban di atas, di sini akan saya paparkan dari hasil bacaan beberapa referensi mengenai tanaman tembakau dan nikotin baik untuk pengobatan tubuh kita.  Semua manusia pasti akan mengalami sakit, dengan cara mengobatinya bermacam-macam. Rerata untuk mengobati penyakit yang ada pada tubuh kita menggunakan alternatif berupa obat. Nah, obat itu kebanyakan bukan barang jadi tanpa proses. Obat membutuhkan proses percampuran dari bahan satu dengan bahan yang lain dengan salah satu metode granulasi atau pembuatan partikel besar dengan mekanisme pengikatan. Namun juga ada obat tanpa proses granulasi dengan secara alami langsung bisa dirasakan manfaatnya.

Salah satunya adalah zat nikotin, adakalanya perlu proses panjang adakalanya secara alami. Tembakau secara alamiah identik mengandun nikotin. Tembakau merupakan tanaman musiman yang hanya dengan kearifan lokal tumbuhan temabakau bisa hidup dan dimanfaatkan. Artinya, tanaman tembakau tidak dapat tumbuh dengan baik disembarang tempat atau disemua musim. Kesesuaian jenis tanah, bibit dan cuaca, sebagai faktor utama yang menentukan kualitas dan kuantitas tembakau.

Baca: Kretek Cerminan Kedaulatan Ekonomi dan Tradisi Budaya Bangsa

Di Indonesia, tembakau banyak ragam dan jenisnya. Ada tembakau voor oogst, yaitu tembakau yang ditanam di penghujung musim penghujan atau awal musim kemarau. Karakteristik tembakau ini, daunnya bertekstur kasar dan tebal. Dapat dijumpai di daerah Kabupaten Temanggung, Muntilan Magelang, Boyolali, Karangjati, Bojonegoro, Kraksaan dan Madura.  Ada tembakau na oosgt yaitu tembakau yang ditanam penghujung musim kemarau atau awal musim hujan. Bentuk daunnya terlihat lebih hijau, halus dan tipis. Daerah yang ada tembakau jenis na oosgt seperti Kabupaten Jember, Kalten dan Dili.

Terlihat, budidaya tanaman tembakau tidaklah semudah yang kita lihat. Harus berbekal pengetahuan yang diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang. selain itu, cuaca sebagai barometer petani untuk menentukan hasil tembakaunya bagus atau jelek secara kualitas dan kuantitas.

Daun tembakau diserap untuk kebutuhan bahan baku rokok baik yang bercengkeh disebut kretek dan rokok yang tidak bercengkeh disebut putihan. Namun  yang asli Indonesia adalah rokok kretek, yang ditemukan salah satu putra bangsa, bernama H. Djamhari. Tidak secara kebetulan menciptakan rokok kretek, akan tetapi dengan bekal pengalaman, pengetahuan, informasi dan uji coba. Saat uji coba, kebetulan ia sakit bengek yang tak kunjung sembuh. Berkat rajikan rokok kretengnya, sakit bengeknya sembuh. Inilah cerita orang-orang secara turun temurun di Kabupaten Kudus. Dan bahkan banyak buku referensi mengatakan demikian.

Banyak manfaat nikotin untuk tubuh manusia, yaitu:

  • Menurut Brown RW, Gonzales CL, Whishaw IQ, Kolb B, nikotin dapat merangsang pemulihan kerusakan otak
  • Menurut siaran pers perusahaan “ research indicating that nicotine holds potential for non surgical heart by pass procedures honored by the American College of cardiology pada tanggal 17 Maret 2000, bahwa nikotin dapat menghasilkan pembuluh darah baru lebih banyak pada urat nadi yang tersumbat.
  • Menurut Saleh Naser (associate professor mikrobiologi dan biologi molekuler di UCF), suatu hari nanti nikotin akan menjadi bahan alternative untuk menangani bentuk bentuk tuberculosis yang membandel. Bahkan Naser mengungkapkan dalam prosesnya, nikotin bekerjanya lebih baik dibandingkan dengan 10 zat lain (22 Mei 2001)
  • Menurut Toberek M, Garrido R, Melecki A, Kaesir S pada bulan Februari 2000, mengatakan nikotin bisa menghasilkan efek neuroprotektif dengan menurukan peningkatan respon pada metabolism nNos yang di induksi dengan AA. Untuk menangani trauma syaraf tulang belakang.
  • Menurut Annals of internal medicine pada tanggal 1 Maret 1997, nikotin bisa mengurangi gejala kram dan simtom-simtom radang usus besar lain, yaitu penyakit usus yang menimbulkan nyeri.
  • Menurut Goede rt J, Vitale F, Lorenzo G, Romano N. National Cancer Institute pada bulan Maret 2001, bahwa nikotin kemungkinan besar untuk mencegah sarcoma Kaposi yang sudah kalsik dan disertai infeksi virus herpes sarcoma kaposi.
  • Menurut Dr. Alexander Glassman, kepala psikofarmologi klinis di New York State psychiatric Institute, Columbia University pada tanggal 19 Juni 2001, nikotin bermanfaat untuk menangani depresi klinis.
  • Menurut ahli farmkologi dan ilmuwan kesehatan, nikotin digunakan untuk pengobatan terapi. Nikotin dapat meringankan rasa nyeri, gelisah dan depresi. Nikotin dapat meningkatkan konsentrasi bagi penyandang kelainan hiperaktivitas dan lemah dalam pemusatan perhatian. Nikotin dapat membantu meringankan penderita skizofrenia akut (penyakit mental kronis yang menyebabkan gangguan proses berpikir), sindroma tourette (penyakit yang membuat seseorang mengeluarkan ucapan atau gerakan sendiri dengan spontan tanpa control), dan Alzheimer (penyakit lupa, kebingungan, kegagalan memori).
  • Menurut John Josselyn pada tahun 1675, dikutip dari buku nicotine war Wanda Hamilton 2010, bahwa nikotin dapat melancarkan pencernaan, meringankan encok, sakit gigi, mencegah infeksi, menghangatkan tubuh dari kedinginan, menyejukkan yang berkeringat, dapat dijadikan sirup untuk obat penyakit, mengobati batuk, mengobati paru-paru, untuk sakit rematik

Dari banyaknya manfaat nikotin yang terkandung pada daun tembakau, menjadi pembenar temuan H. Djamhari saat membuat rokok untuk mengatasi sakit bengeknya, belum lagi diracik dengan cengkeh, dengan manfaat yang banyak pula. Sederhananya, ketika cengkeh sudah menjadi minyak, jika dioleskan saja kebadan, akan terasa hangat, dan sangat berkhasiat bagi tubuh manusia. Jadi, selam ini informasi negatif tentang rokok kretek terbantahkan dengan adanya manfaat di atas. Dan bahkan cenderung manfaat di atas, tidak pernah disentuh oleh anti rokok. Yang disuaraka sisi negatifnya, dan itu tidak benar adanya, bahkan cenderung manipulatif.

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun
mm
Seorang santri dari Kudus. Saat ini aktif di Komite Nasional Penyelamatan Kretek (KNPK).

You may also like

Comments are closed.

More in:REVIEW