logo boleh merokok putih 2

Mahbub Djunaidi, Kretek, dan Sikap Minder Terhadap Asing

Rokok, terutama rokok kretek, memberi inspirasi bagi banyak orang. Baik itu inspirasi ketika menikmati kretek atau usai menikmati rokok kretek, juga inspirasi dari produk rokok kreteknya. Lebih jauh dari itu, seluk-beluk dunia kretek mulai dari pertanian tembakau dan cengkeh, proses produksi kretek, transaksi dagang kretek, dan segala hal yang terkait dengan dunia perkretekan menginspirasi begitu banyak orang untuk berkarya dalam rupa-rupa bentuk karya.

Bagi para penikmat kretek sendiri, rupa-rupa pengalaman bersama kretek juga banyak datangkan kisah menarik. Yang paling kesohor tentu saja kisah K.H Agus Salim dengan diplomasi kreteknya yang membikin suasana di salah satu ruang istana kerajaan Inggris yang sebelumnya begitu kaku dan formil menjadi cair karenanya.

Baca: Sosiawan Leak Bercerita Soal Rokok dan Do’a

Bukan hanya K.H Agus Salim yang memiliki kisah kretek dengan luar negeri, ada banyak lainnya, salah satunya, Mahbub Djunaidi, tokoh Betawi, tokoh NU, wartawan jempolan, kolumnis produktif, dan banyak hal keren lainnya terkumpul dalam satu orang ini. Kekhasannya dalam menghasilkan karya tulis, mampu membikin tulisan bertema berat dalam kemasan humor dan enak dibaca, membikin hampir semua penulis Indonesia mengagumi tulisannya. Tulisan Mahbub Djunaidi terkait kretek, yang tayang di Koran Kompas pada 29 Maret 1987, lebih 32 tahun lalu, juga dikemas dalam suasana humor dan ringan dibaca namun sarat kritik yang menohok. 

Tulisan Mahbub Djunaidi tentang kretek yang diberi judul ‘Kretek’ ini juga relevan dengan kondisi saat ini, bagaimana asing begitu mendikte negara ini dalam hal menyikapi rokok kretek. Lewat kaum anti-rokok pihak asing hendak menyingkirkan kretek. Secara halus, begitu halus, Mahbub Djunaidi mengkritik asing itu. Saya sadur seluruhnya saja tulisan Mahbub Djunaidi 32 tahun lalu itu di sini.

Kretek

Oleh: Mahbub Djunaidi

Sekolah kolonialisme memang berbeda-beda. Yang satu lebih brutal dari yang lain, tapi dilihat dari bintang, hakikatnya sama: mempesiang bangsa lain sebagai usaha mencari sesuap nasi. Kolonial Inggris di daerah konsesi seperti Shanghai memperlakukan orang Cina tak lebih dari binatang. Di sebuah taman kota ada tulisan di pintu gerbangnya “Dilarang masuk: anjing dan orang Cina”. Sampai sekarang tulisan itu tidak diangkat, agar generasi demi generasi mengerti betapa jahatnya sistem itu. Tapi, kolonial Belanda di negeri ini menganggap Cina lebih tinggi derajatnya dibanding inlander, penduduk anak negeri seperti kita-kita ini. Mereka membagi kereta api atau trem kota dalam tiga kelas. Kelas 1 khusus untuk orang Belanda. Kelas 2 untuk Cina dan Arab. Kelas 3 alias kelas kambing buat inlander-inlander anak negeri.

Baca: Memerangi Kretek, Cara Penjajahan Baru Menjajah Negeri Ini

Kecuali para nasionalis dan kaum pergerakan kebangsaan serta rakyat patriot yang bertekad merobohkan sistem itu, ada juga inlander yang bersedia jadi budak untuk menggencet bangsa sendiri. Misalnya, para bupati dan pangreh praja yang jelek. Karena jiwanya memang dasar budak, dalam banyak hal mereka lebih nista dari tuannya sendiri. Dan karena jiwanya memang budak, mereka tak punya kepercayaan kepada kemampuan sendiri dan menganggap tuan asingnya bagai dewa putih yang berasal dari langit, dan dalam segala hal lebih unggul. Hubungan antara budak dan tuannya ini mirip dengan hubungan antara hewan sirkus dengan pelatihnya, menurut saja apa yang diperintahkan, dan meniru saja apa yang dicontohkan.

Sisa jiwa inlander ini masih ada juga sedikit bayak di alam kemerdekaan. Pangreh praja yang punya kegemaran menginjak ke bawah dan menjilat ke atas pada dasarnya tetap kehinggapan pembawaan inlander itu. Seorang yang senantiasa menganggap asing itu hebat dan senantiasa benar dan unggul, sebenarnya merupakan inlander gaya baru, dan mengidap unsur-unsur budak. Bawahan yang menganggap atasannya selalu perlu ditiru dan “digugu”, tak peduli apapun yang dilakukannya, pada dasarnya punya tabiat orang jajahan, tak punya karakter bangsa mereka. Kerdil, penakut, melayang kemana angin bertiup, merupakan pakaian sehari-hari.

Sementara itu, jika seorang nyonya tidak sudi cangking tas kecuali merek Louis Vuitton walau bikinan Cibaduyut tak kalah bagusnya, berdandan dengan ramuan Yves Saint Laurent serta baju merek Calvin Klein, berkat dorongan anggapan bikinan asing itu dahsyat dan mampu naikkan gengsi, apakah terhadapnya kena pula julukan inlander gaya baru?

Oh, bisa iya dan bisa juga bukan. Jangan-jangan sang nyonya memang patriot sejati, tapi karena kebanyakan uang menjadi sedikit bingung dan hilang keseimbangan. Atau seorang suami yang sudi memakai ikat pinggang merek Etienne Aigner dan domper merek Cartier dan hanya siap berangkat golf dengan kaos merek Lacosre, apakah inlander gaya baru? juga bisa iya dan bisa juga tidak. Boleh jadi tokoh kita ini seorang pecinta tanah air berikut produksinya, tapi sekedar menjaga martabat dan gengsi, tak menjadi apa melekatkan barang-barang mahal ke tubuh satu-satunya.

Kawan saya yang tidak mau disebut inlander baik gaya lama maupun baru, bertekad bulat kepingin menggunakan apa saja yang buatan dalam negeri, walau dia sama sekali tidak pernah ketemu Menteri Ginanjar Kartasasmita. Ia tidak merasa perlu memakai baju merek Charles Jourdan atau Lanvin, melainkan cukup bikinan Tegalparang yang tak beda dengan kemeja bikinan manapun di atas dunia. Ia tak merasa perlu pakai kaos merek Benetton karena produksi pinggiran kota Bandung sudah lebih dari cukup.

Dan untuk lebih membikin dia bukan inlander yang kurang percaya harga diri sendiri, begitu mau berangkat ke luar negeri ia kempit berbungkus-bungkus rokok kretek, bukan Marlboro atau Camel atau Lucky Strike, yang kecuali untuk gengsi, asapnya biasa-biasa saja, tapi, begitu ia naik pesawat Air France, seorang pramugari menghampirinya.

“Maaf, tuan hisap apa? Apa tuan hisap Hashish? Apa tuan sudi ganti rokok yang biasa-biasa saja?”

“ini bukan hashish. Ini tembakau biasa campur cengkeh,” jawab kawan saya. Dan karena tekadnya yang teguh mau menghisap rokok produksi negeri sendiri, kawan saya itu nekad hisap rokok kretek lagi di atas pesawat milik maskapai British Airways. Pada saat asapnya ngepul, datang lagi menghampiri seorang pramugari.

“Wah, bau apa itu? Apa ganja? Apa tuan bisa ganti yang lain saja? Para penumpang di sini idak biasa mengendus bau itu.”

“Masya Allah, ini bukan ganja, nona. Ini prodiksi Indonesia yang khas, ini warisan nenek moyang. Namanya rokok kretek.”

Sesudah itu ia merenung. Pikirnya, berabe juga mau berhenti jadi inlander. Heran betul ia, kenapa iklan-iklan rokok kretek di boiskop-bioskop amat suka menonjolkan orang-orang asing asyik hisap rokok kretek sambil dayung-mendayung di atas gondola di Venezia atau di kaki menara Eiffel? Urusan apa orang-orang asing itu dnegan rokok kretek? Yang pertama-tama harus dilakukan adalah bagaimana supaya kretek diterima dalam keluarga rokok baik-baik, bukannya dilirik dengan sebelah mata. Boleh saja sekali-sekali bung Joop Ave buktikan, sebelum bikin sarasehan internasional tentang “pemantapan kretek”.

Kompas, 29 Maret 1987


Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Penulis

Fawaz al Batawy

Fawaz al Batawy

Pecinta kretek, saat ini aktif di Sokola Rimba, Ketua Jaringan Relawan Indonesia untuk Keadilan (JARIK)