Cerbung

Sinopsis

Srintil adalah seorang perempuan muda yang ingin meneruskan cita-cita kekeknya dalam mengembangkan perkebunan Tembakau dan Cengkih di Kabupaten Temanggung. Namun ayah Srintil menentang keras cita-cita anaknya karena trauma masa kecilnya dahuu yang dipenuhi oleh ingatan-ingatan kekejaman para penjajah yang memburu rempah di negerinya. Ibunya mati kelaparan karena ayahnya dipenjara. Pak Parjo -Ayah Srintil- ingin menghapus kenangan buruknya dengan membangun pabrik, tetu saja dengan menjual lahan peninggalan kakek Srintil. Namun bagi Srintil, cara itu sama saja dengan pembodohan. Selain tak lagi bisa merawat peninggalan kakeknya, Srintil tahu bahwa ayahnya hanya diperalat oleh Mandor Isa.

Srintil ingin maju dan bersekolah tinggi. Namun sang ayah menentag, ia justru menjodohkan Srintil dengan Mandor Isa. Srintil akhirnya kabur ke Yogyakarta untuk menuntut ilmu. 8 tahun berlalu, ia tak pernah kembali, ia menemukan kehidupan baru di sana setelah berkenalan dengan Bagus. 

Srintil sebenarnya rindu dengan keluarganya. Setiap hari ia hanya berteman dengan sepi. Hanya aroma kreteklah yang bisa sedikit mengobati  segala kerinduan. Kerinduan pada ayahnya, kerinduan pada masa kecilnya.

Kembali ke Halaman Gadis Negeri Tembakau

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

You may also like

Comments are closed.

More in:Cerbung