logo boleh merokok putih 2

Mengenal Tembakau Import & Tembakau ‘Importan’

tembakau import dan importan

Tembakau import dan ‘importan’ kedua istilah ini sama-sama digunakan oleh petani tembakau, terlebih di daerah-daerah penghasil tembakau terbaik dan berharga mahal seperti Temanggung, Jember, Paiton. Tapi kedua istilah ini mempunyai pengertian yang jauh berbeda. Sebagai berikut coba kami rangkum. 

Tembakau Impor

tembakau impor

Tembakau import biasanya merujuk tembakau yang didatangkan dari luar negeri untuk memenuhi bahan baku rokok kretek di Indonesia. Karakteristik khusus dari rokok kretek adalah kekayaan bahan baku pembuatannya yang memadukan lebih dari 8 jenis tembakau agar mendapatkan rasa terbaik. Bahan baku tembakau impor ini merupakan jenis tembakau yang tidak bisa ditanam di Indonesia, seperti tembakau dengan karakter oriental terbaik dihasilkan dari perkebunan tembakau di Bulgaria, Yunani, Kirgizstan, Lebanon, Macedonia, Serbia, dan Turki. 

Daerah di Indonesia yang mempunyai hasil tembakau dengan karakter menyerupai oriental adalah Madura, utamanya di daerah pesisir. Tapi uji coba yang dilakukan bertahun-tahun di sana belum bisa menyamai karakter rasa tembakau oriental dari daerah asalnya. 

Upaya untuk mengurangi tembakau impor tersebut yang sedikit berhasil adalah penanaman tembakau jenis virginia di daerah Lombok dan Bojonegoro. Secara kualitas tembakau virginia dari dua daerah tersebut masih di bawah tembakau dari Virginia, tetapi cukup efektif mengurangi impor tembakau. Tapi persoalannya, kebutuhan tembakau jenis ini semakin meningkat belakangan karena tren pasar yang menghendaki lebih banyak rokok yang ringan, jenis mild. 

Tembakau Importan   

menjemur tembakau importan

Tembakau jenis ini disebut bermacam-macam oleh petani tembakau. Di Temanggung ada sebagian petani menyebut ‘tembakau import’ atau ‘tembakau importan’. Tembakau jenis ini biasanya didatangkan dari luar daerah untuk dijual di daerah perkebunan tembakau yang kualitasnya bagus. Tetapi, tembakau import ini memerlukan perlakuan khusus supaya memiliki karakteristik tembakau yang dikehendaki. Dengan begitu, harga tembakau yang tadinya tak seberapa itu menjadi meningkat bahkan berlipat ganda. 

Ya, cara seperti ini marak dilakukan oleh oknum-oknum pedagang tembakau. Daerah Temanggung menjadi salah satu yang marak dimasuki tembakau import. Harga tembakau yang tinggi di daerah ini kerap menjadi sasaran pemalsuan tembakau. 

Yang terjadi dengan maraknya tembakau impor ini adalah serapan tembakau petani di Temanggung menjadi menurun. Terlebih kuota pembelian pabrik telah ditentukan sebelum masa tanam. Para importir tembakau ini bertindak culas, membuat harga tembakau jatuh, serapan tembakau di daerahnya berkurang, dan menghalangi rezeki petani tembakau lain yang bekerja secara jujur.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Penulis