Tembakau Oriental, Bahan Baku Pembentuk Aroma Khas Rokok Kretek

tembakau oriental

Tembakau jenis oriental ini kelebihannya ada di aroma, karena itu sering disebut tembakau aromatik.


Rokok kretek mempunyai karakter “Oriental Nuts” yang mengandalkan aroma kuat dan menonjol. Tentu hal ini berbeda dengan karakter “Burnley Nuts” yang dimiliki oleh rokok putih. Karena itu, keberadaan aroma kuat dan khas tersebut menjadi salah satu faktor penting sehingga rokok kretek diterima pasar.

Bacaan Lainnya

Di samping itu, keberadaan cengkeh yang juga menghadirkan rasa rempah menjadi faktor pelengkap lainnya. Sehingga rokok kretek menjadi khas dan hanya bisa dihasilkan di Indonesia. 

Tembakau jenis oriental ini kelebihannya ada di aroma, karena itu sering disebut tembakau aromatik. Aroma yang dihadirkan dari tembakau jenis ini yakni harum, gurih, dan manis. 

djarum super kopi

Menurut Akehurst, tembakau oriental sangat cocok ditanam di tanah berpasir sampai liat berkapur dan kandungan bahan organiknya rendah. Pada awal pertumbuhan, tembakau oriental memerlukan cukup hujan. Fase berikutnya memerlukan iklim kering dengan cahaya matahari penuh. Tembakau oriental memiliki mutu yang bagus apabila ukuran daunnya kecil. 

Tembakau oriental ini dihasilkan di Bulgaria, Yunani, Kirgizstan, Lebanon, Macedonia, Serbia, dan Turki. 

Di Indonesia sendiri, belum ada daerah yang mampu menghasilkan tembakau oriental seperti di daerah-daerah tadi. Berbagai penelitian yang dilakukan agar dapat menghasilkan tembakau oriental di dalam negeri telah dilakukan. Tetapi belum banyak membuahkan hasil seperti keberhasilan pembudidayaan tembakau virginia di Bojonegoro dan Lombok. Tembakau dari Madura pun baru menghasilkan karakter semi-oriental atau mendekati tembakau oriental.

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

Pos terkait