5 Cara Sopan Mengusir Orang Merokok Sembarangan di Sekitar Kita

menegur orang merokok

Merokok adalah hak setiap orang. Demikian pula dengan menghirup udara tanpa asap rokok juga hak setiap orang. Perdebatan tentang asap rokok di banyak tempat seperti tidak juga menemukan ujung pangkal yang jelas. Keduanya, baik perokok maupun bukan perokok, sama-sama berebut hak. 

Nah, buat kamu yang bukan perokok dan agak alergi dengan asap rokok pasti akan kesal ketika ada orang yang merokok di sampingmu. Untuk membuat orang itu sedikit menjauh darimu, kamu bisa menggunakan teknik-teknik jitu berikut ini: 

  1. Pura-pura batuk

Batuk sekencang-kencangnya di hadapan si perokok. Biasanya orang merokok yang berhati mulia akan segera menyingkir. Kalau orang itu belum juga beranjak, maka bentuklah lagi dengan lebih kencang sambil berharap dengan batukmu dia akan peka. Namun, bila tidak berhasil juga itu artinya batukmu kurang merdu dan kurang berintonasi.  

  1. Tutup hidung

Coba usir orang yang merokok di sampingmu dengan cara menutup hidung. Gerakan lebay saja, tidak apa-apa. Eh, tapi, pastikan tidak salah sasaran. Jangan-jangan bukan si perokok yang menyingkir malah orang lain yang merasa bau badan. 

  1. Refleks tiba-tiba pakai masker

Teknik ini hanya untuk orang yang tertib dan rajin membawa masker kemanapun pergi. Jika mendapati orang di sekitarmu merokok maka lekas-lekas ambil masker dan gunakan. Bila orang merokok itu belum juga tersindir, maka ambillah spidol lalu beri tulisan, “Asap rokokmu lebih mengganggu daripada kenangan kepada mantanku”. 

  1. Tegur dengan halus dan penuh kasih sayang

Tepuk lembut pundak orang merokok itu. Tatap matanya dalam-dalam. Jangan biarkan emosi meletup. Percayalah kalian bisa membicarakan hal ini berdua dengan cara baik-baik. Katakan pelan-pelan di dekat telinganya. Kalau bisa sembari berbisik, “Mas, asap rokokmu bisa ditiadakan dari muka bumi ini, gak?”

  1. Pura-pura sesak napas

Tarik napas kuat-kuat, cukup tahan 3 menit, sampai muka membengkak dan merah merona. Efeknya luar biasa, kamu bakal terlihat tersengal-sengal seperti orang sesak napas. Perokok di sampingmu harusnya tahu diri dong. Kalau ternyata dia tidak segera mematikan rokoknya dengan segera, berarti dia tahu kamu sedang akting.

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun