Pertanyaan-pertanyaan Seputar Budidaya Tanaman Cengkeh

tanaman cengkeh

Setelah mencoba menjawab pertanyaan netizen seputar budidaya tanaman tembakau, kurang afdol rasa jika tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar tanaman cengkeh.

Cengkeh atau orang ilmiah sering menyebutnya syzygium aromaticum adalah jenis tanaman rempah dengan aroma dan rasa yang khas. Ketenaran cengkeh ini fenomenal hingga penjuru dunia. Sehingga, salah satu pahlawan kita, Kiai Agus Salim, pernah membanggakan rempah-rempah ini di hadapan petinggi dunia. 

Tidak hanya sampai di situ, beliau juga menyindir halus, bahwa kedatangan para kompeni atau penjajah ya karena mereka ingin merampas rempah yang punya segudang manfaat dan bernilai tinggi ini.

Cengkeh memiliki beberapa jenis. Jenis-jenisnya apa saja, cirinya bagaimana, dapat Anda baca pada artikel berikut ini:

Penikmat Kretek, Sudah Taukah Jenis-Jenis Cengkeh?

Biar ga kelamaan, inilah jawaban atas pertanyaan seputar budidaya tanaman cengkeh, yang sering ditanyakan oleh khalayak.

Di mana tanaman cengkeh dapat hidup dan berkembang?

Banyak penelitian menyebut, pohon cengkeh dapat tumbuh dengan baik pada iklim tropis lembab atau subtropis dengan curah hujan 2.332 mm/tahun. Pohon ini biasanya ditanam pada daerah yang jauh dari laut dengan ketinggian 0-1500 m di atas permukaan laut. Pertumbuhan optimumnya pada suhu sekitar 20-30 derjat Celcius.

Berapa lama pohon cengkeh bisa berbuah?

Cengkeh itu berbeda jauh dengan tembakau. Umumnya, cengkeh dapat dipanen mulai umur tanam 4,5-6,5 tahun. Mutu terbaiknya dipetik saat matang, yakni ketika kepala bunga kelihatan penuh tetapi belum membuka. Matang peting tanaman cengkeh tidak serempak dan petikannya dapat diulangi setiap 10-14 hari selama 3-4 bulan.

Berapa kali panen cengkeh dalam setahun?

Cengkeh dipanen sekali dalam setahun. Satu pohon cengkeh dapat menghasilkan 70-100 liter. Harga perliternya Rp.5.000-Rp 6.000/liter atau Rp.35 ribu/kilo cengkeh basah dan Rp 250 ribu cengkeh kering. Idealnya per kg petani menjual 120 ribu. Tergantung mutu tanaman cengkeh.

tumbuhan cengkeh daun dan buah

Pupuk apa yang bagus untuk cengkeh?

Petani menggunakan aplikasi pupuk NPK Mutiara untuk mempercepat tumbuhnya bibit cengkeh. NPK Mutiara adalah salah satu jenis pupuk majemuk yang mengandung unsur hara makro maupun mikro yang sangat diperlukan tanaman. Pemupukan susulan dengan cara dikocor.

Musim panen cengkeh bulan apa?

Umumnya petani cengkeh mulai panen pada Juni hingga Oktober. Pada bulan-bulan ini, bunga atau buah sudah cukup matang. Lagi-lagi tergantung kondisi tanah, cuaca, pembibitan serta perawatan pohon.

Apa penyebab cengkeh tidak berbuah?

Hujan. Curah hujan yang terlalu tinggi mempengaruhi pertumbuhan dan buah cengkeh. Demikian juga suhu yang telampau dingin.

Berapa hari cengkeh dijemur?

Kebanyakan petani menjemur cengkeh selama empat sampai 5 hari.

Manfaat cengkeh untuk apa?

Banyak sekali. Cengkeh memiliki segudah khasiat. Lebih lengkapnya, silahkan baca artikel berikut:

Menyelisik Ragam Manfaat Cengkeh

Demikianlah beberapa pertanyaan seputar budidaya tanaman cengkeh. Jika ada pertanyaan lain, silahkan disampaikan via media sosial dan surel kami. terima kasih.

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun