tembakau di sumatera barat
OPINI

Kabupaten Limapuluh Kota Lahirkan Tembakau Terbaik di Sumatera Barat

Tidak banyak yang tahu bahwa tembakau terbaik di Sumatera Barat terletak di Kabupaten Limapuluh Kota.

Ketika kamu mendengar kata Sumatera Barat (Sumbar) maka kota pertama yang terlintas dalam benak biasanya Padang. Kemudian, kuliner khas Padang adalah rendang. Namun, Sumatera Barat bukan hanya Padang melainkan juga Solok, Padang Pariaman, Agam, hingga Limapuluh Kota. 

Nama daerah yang disebut terakhir merupakan daerah penghasil tembakau terbaik di Sumatera Barat. Tidak hanya di Limapuluh Kota melainkan juga Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar yang merupakan penghasil tembakau di Sumbar

Tentu saja, ini fakta yang menarik. Sebab, tidak semua orang tahu bahwa di daerah Sumbar ternyata memiliki potensi tembakau cukup menggiurkan. Bahkan, penulis pun baru tahu tentang hal ini ketika bertemu dengan orang Sumbar. 

Limapuluh Kota, Tembakau Terbaik di Sumatera Barat

Tidak mengherankan apabila Kabupaten Limapuluh Kota mendapat predikat sebagai daerah produksi tembakau yang produktif di Sumbar. Hal ini terlihat dari alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau untuk Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023. 

Tabel 1. 3 Daerah Tertinggi untuk Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Prov. Sumbar (2023)

Daerah Jumlah dalam Ribuan Rupiah
Limapuluh Kota 296.855
Agam 224.697
Tanah Datar 212.245

Akan tetapi, ketiga daerah tersebut mengalami fluktuasi dalam produksi tembakau. Hal ini dapat terlihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tentang Produksi Tanaman Perkebunan Rakyat khususnya Tembakau.

Tabel 2. Produksi Tembakau di Sumatera Barat (2020-2022)

produksi tembakau di sumatera barat

Dari data di atas memang terjadi fluktuasi produksi tembakau antar daerah di Sumbar. Meskipun begitu, potensi ini tetap harus dijaga bahkan perlu dimaksimalkan. Bahkan, bukan tidak mungkin tembakau ini akan menjadi komoditas ekspor. 

Di Limapuluh Kota, terdapat dua tembakau yang menjadi komoditi, yaitu tembakau Guntung dan tembakau Baruah Gunung. Tembakau inilah yang nantinya akan menjadi tumpuan utama bagi Kabupaten Limapuluh Kota.

Hal yang bikin menarik adalah kerja sama antara Kabupaten Limapuluh Kota dengan Kabupaten Sumedang. Tentu, kerja sama ini sangat baik apalagi Kabupaten Sumedang telah terkenal dengan tembakaunya. 

Oleh karena itu, bukan tidak mungkin di masa mendatang, tembakau di Kabupaten Limapuluh Kota menjadi komoditas utama bagi Sumbar