tembakau untuk tingwe
Tingwe

4 Rekomendasi Tembakau untuk Tingwe yang Cocok saat Malam Takbiran

Lebaran sudah dekat. Sebagian besar kretekus telah tiba di kampung halaman masing-masing. Mulai hari ini hingga beberapa pekan ke depan, setiap rumah akan ramai pengunjung. Mulai sanak saudara hingga tetangga. Tidak lupa perjamuan hadir di setiap rumah. Salah satu yang bikin nikmat adalah kehadiran tembakau untuk tingwe.

Di Temanggung, Jember, atau beberapa daerah penghasil tembakau, tanaman tersebut sering hadir dalam setiap perjamuan. Khusus malam takbiran, porsinya akan lebih banyak daripada biasanya. Mengapa demikian? Karena lebaran identik dengan hari kemenangan.

Ya, wajar. Para perokok atau penikmat tingwe akan bersuka cita menyambut hari kemenangan. Aneka hidangan tembakau akan tersaji saat menikmati malam takbiran. Di antara lantunan takbir, di seberang sana, kepulan asap akan terlihat. Kita bikin romantis, kata Maliq & D’Essentials. 

Lalu, apa tembakau untuk tingwe yang cocok untuk menikmati malam lebaran? Inilah rekomendasinya.

1. Tembakau Darmawangi

Tidak keliru apabila menempatkan Tembakau Darmawangi di urutan pertama. Ini adalah tembakau yang berasal dari Garut, Kuningan, Sumedang, atau sekitaran Bandung. Jika kamu ingin membelikan oleh-oleh berupa tembakau, Darmawangi adalah opsi terbaik.

Rasanya enak, tidak gatal di tenggorokan, dan harganya murah adalah alasan mengapa tembakau ini cocok saat malam takbiran. Isapannya pun tergolong halus dan ringan. Darmawangi dapat dinikmati dengan atau tanpa cengkeh. Cocok bagi kamu pecinta rokok mild atau putihan. 

2. Tembakau Tambeng

Dari Jawa Barat, kita bisa melancong ke Jawa Timur. Di Situbondo, terkenal dengan Tembakau Tambeng. Tembakau yang bahkan secara spesifik hadir di wilayah Besuki. Ini tembakau yang punya cita rasa khas dan kualitas mumpuni.

Untuk aroma dan rasa, terbilang kuat. Tanpa cengkeh dapat dinikmati. Namun, bagi beberapa penikmat tingwe, Tembakau Tambeng sangat cocok dicampur dengan cengkeh. Tambahan lagi, rajangannya cukup halus sehingga cocok untuk tingwe

3. Tembakau Kasturi

Sebagai wilayah penghasil tembakau terproduktif di Indonesia, Jawa Timur memang mempesona. Selain Tembakau Tambeng, terdapat pula Tembakau Kasturi yang hadir di Jember dan Bondowoso. Ini adalah tembakau yang digunakan oleh sebagian besar pabrik rokok terkemuka seperti Djarum, Gudang Garam, dan Sampoerna. 

Akan tetapi, ada keunikan tersendiri dari Tembakau Kasturi. Beda lahan tanam, beda pula aroma. Jadi, apabila ditanam di Jember akan berbeda aromanya dengan yang ada di Bondowoso. Meskipun begitu, rasanya cukup halus dan nyaman di tenggorokan. 

4. Tembakau Temanggung

Dari Jawa Timur, berpindah ke Jawa Tengah. Di wilayah ini terdapat daerah yang juga terkenal dengan sebutan Kota Tembakau, yaitu Temanggung. Daerah yang satu ini adalah penghasil tembakau terbaik. Namanya Srinthil. 

Oleh karena tembakau terbaik, alangkah lebih baik jika kamu ingin membelinya, sesuaikan dengan kantong dompetmu. Bagi penikmat tingwe, tembakau dari Temanggung biasanya dipadukan dengan cengkeh agar aromanya semakin kuat. Untuk soal rasa, jangan ditanya. Kualitas terbaik dari tanah terbaik pula. 

Itulah beberapa rekomendasi tembakau untuk tingwe yang cocok saat malam takbiran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat sebat.