Beasiswa KNPK

Beasiswa Komite Nasional Pelestarian Kretek (KNPK) Temanggung

Beasiswa Komite Nasional Pelestarian Kretek (KNPK) Temanggung

Tahun ini merupakan tahun kedua Komite Nasional Pelestarian Kretek (KNPK) mengelola program beasiswa di Temanggung. Pertama kali KNPK mengelola program ini pada awal tahun 2017. Program diawali dengan proses studi kelayakan di 12 kecamatan di Kabupaten Temanggung.

Program beasiswa ini berupa penyaluran beasiswa penuh (meliputi: biaya pendaftaran; uang iuran SPP bulanan; uang seragam; uang buku; uang saku dan transportasi; biaya studi tour; dll) kepada anak-anak di 12 kecamatan di Kabupaten Temanggung sejak mereka masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hingga mereka menyelesaikan sekolahnya. Syarat utama anak-anak berhak menerima beasiswa adalah mereka yang memiliki orang tua yang bekerja sebagai petani tembakau, buruh tani tembakau, atau pekerjaan-pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan pertanian tembakau dan industri rokok kretek.

Selain syarat utama di atas, syarat lain yang harus dipenuhi adalah berasal dari keluarga kurang mampu, berprestasi, lolos verifikasi pertama dan kedua, lolos seleksi tertulis yang diselenggarakan KNPK bekerja sama dengan pihak yang kompeten mengadakan ujian tertulis, dan mau melanjutkan sekolah di lima Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Temanggung. Setiap tahunnya sejumlah 100 anak terjaring dan berhak menerima beasiswa KNPK usai menempuh rangkaian proses seleksi. Alasan kami mewajibkan penerima beasiswa KNPK melanjutkan sekolah di SMK adalah agar setelah lulus, peluang memasuki dunia kerja dengan keterampilan yang memadai bisa terpenuhi.

Dalam pengelolaan program beasiswa KNPK ini, kami bekerja sama dengan 15 orang petani tembakau yang ditunjuk sebagai koordinator tiap kecamatan. Tugas para koordinator ini adalah membantu proses seleksi penjaringan penerima beasiswa mulai dari sosialisasi hingga verifikasi. Tugas lainnya, para koordinator juga menjadi orang tua asuh anak-anak yang menerima beasiswa. Selain dengan para petani tembakau, KNPK juga bekerja sama dengan stakeholder pertembakauan di Kabupaten Temanggung.

Selain memberikan beasiswa penuh kepada anak-anak di Temanggung, program ini juga memberikan pendampingan kepada mereka dengan memberikan materi berupa capacity building dan pelatihan-pelatihan keterampilan berupa softskill semacam pelatihan menulis, membuat video dan keterampilan lainnya. Total ada lima orang yang intensif untuk mengelola dan menjalankan program beasiswa KNPK ini. Dari program ini, KNPK berharap dunia pertembakauan dan terutama industri kretek bisa berperan dalam kemajuan anak-anak petani dan buruh tani tembakau di salah satu kabupaten sentra tembakau.

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

You may also like

Comments are closed.