REVIEW

Aku Menghisap Rokok dan Mendengar Lagu Kunto Aji, Lalu Inilah yang Terjadi..

Malam itu aku tak bisa tidur nyenyak. Tak ada bintang yang nampak di langit kota. mendung sedari tadi terus memayungi, diselingi dengan petir dan angin yang kencang berhembus. Perlahan-lahan hujan pun turun. Dimulai dari gerimis lalu semakin deras. Bau tanah yang naik akibat hujan, sedikit demi sedikit membangkitkan memori. Aku gelisah, tak tenang, kuambil sebatang rokok di meja, kuhisap dalam-dalam, dan kuputar lagu ‘Pilu Membiru’ milik Kunto Aji. Setelah itu, inilah yang terjadi padaku..

Tak banyak yang tahu bahwa musik adalah salah satu fasilitas penting dalam ilmu psikologi. Musik memiliki sifat yang universal. Musik mampu menyediakan jembatan alami antara individu dengan individu lain, dengan lingkungan, memfasilitasi hubungan, ekspresi diri, dan komunikasi (Do 2012). Menitik beratkan pada kegunaan untuk ekspresi diri, musik bisa menjadi satu metode terapi untuk melepaskan seseorang dari beban pikirannya. Seperti yang kita ketahui bahwa beban pikiran jika diakumulasikan akan mengakibatkan gangguan jiwa yang luar biasa hebatnya.

Di sisi lain, lagu Pilu Membiru bikinan Kunto Aji adalah satu eksperimen psikologi yang coba ia buat. Anda bisa melihat video yang diupload olehnya di youtube berisikan bagaimana lagu ini kemudian didengarkan pada seseorang dalam konsep dan ruangan yang sudah diatur sedemikian rupa. Selain itu selain lagu ini dimainkan, ada seorang psikologi yang juga mendampingi serta memberi pertanyaan bagi pendengar lagu tersebut. Hasilnya? luar biasa dahsyatnya. Saya kira video yang tayang dengan durasi waktu sekitar delapan menit ini bisa membuktikan kebenaran relasi antara musik dan psikologi.

Apa yang kemudian digambarkan dalam video tersebut sebenarnya mengajak kita untuk sedikit merefleksikan permasalahan diri dalam bentuk apa pun. Kita bisa mencobanya sambil berendam di bathtub, kontemplasi di alam bebas, di kamar, taman, atau bisa sambil menikmati minuman hangat, bisa juga dengan sebatang rokok. Tingkat kenyamanan sangat berpengaruh dalam menikmati lagu ini dan tenggelam dalam relung jiwa.

Seorang peneliti bernama David O’Reilly menyebutkan bahwa kandungan nikotin dalam sebatang rokok bisa membantu merangsang otak dan membuat otak lebih tenang. Tentu kita sebagai seorang yang merokok pasti sudah tahu betul betapa dahsyatnya nikmat setiap hisapan. Sebagai seorang perokok juga, kita mampu dibawa dalam kenyamanan berpikir serta mendorong tubuh kita untuk sedikit rileks. Saya sangat yakin ditambah medium musik maka semuanya akan lebih baik.

Sebatang rokok yang aku hisap nyaris berdurasi sama dengan lagu ‘Pilu Membiru.’ Tubuhku yang tadinya sangat rileks tiba-tiba bergetar akibat goncangan dalam jiwa. Akhirnya semua memori yang terekam jelas itu kembali naik dari hati menuju pikiran, mengingatnya kembali dengan sangat gamblang. Seperti hujan yang turun malam ini, air mata juga tiba-tiba jatuh perlahan. Sebatang rokok kuhisap kembali, lagunya kuputar kembali, namun air mata ini tak kubiarkan untuk berhenti jatuh. Semuanya kembali tenang..

Kunto Aji menyebutkan bahwa tangisan adalah itu sistem pertahanan kita untuk bisa terbebas dari stress. Tangisan hadir mungkin karena kita yang tak mampu atau gagap menghadapi memori yang hadir. Pilu Membiru dibuat oleh Kunto Aji untuk mengajak kita bisa lebih tepat menghadapi memori yang hadir tersebut. “Dan yang dibenerin adalah bukan kita melupakan memori dengan orang ini. Tapi bagaimana kita merespon ketika ingat memori tentang orang itu,” ucap Kunto Aji saat diwawancarai oleh Najwa Shihab. 

Mental disorder atau gangguan jiwa adalah satu hal yang sangat berbahaya. Survei Global Health Data Exchange tahun 2017 menunjukkan, ada 27,3 juta orang di Indonesia mengalami masalah kejiwaan. Disisi lain banyak yang kemudian salah dalam mengantisipasi dan memperlakukan gangguan jiwa tersebut. Mengantisipasi gangguan kejiwaan paling mudah adalah dimulai dari diri sendiri. Mulai terbuka, berbagi beban, dan meluangkan waktu untuk menenangkan pikiran. Lagu-lagu Kunto Aji dalam album Mantra-Mantra bisa anda gunakan, dan bagi para perokok, bisa juga dengan medium menghisap rokok. Selamatkan dirimu, selamatkan jiwamu, karena yang seharusnya kau jaga adalah dirimu sendiri. 

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun
mm
Seorang lelaki yang tak pernah merasa kesepian

    You may also like

    Comments are closed.

    More in:REVIEW