belanja rokok online
REVIEW

Kenapa Belanja Online Rokok Susah?

Membeli sesuatu secara online belakangan menjadi tren di kalangan masyarakat kita. Bahkan nyaris semua barang yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari hari saat ini sudah tersedia di toko-toko online langganan kita. Segala macam kemudahan memang ada dalam transaksi online. Kita bisa mendapatkan semua barang yang kita inginkan dengan mudah dan murah, kecuali rokok

Belanja rokok via online tidak semudah dulu. Semua marketplace macam Shopee, Tokopedia dan sejenisnya saat ini sudah tidak bebas lagi menjual rokok serta produk turunan tembakau lainnya. Coba saja cek di aplikasi marketplace di ponselmu. Cari rokok kesukaanmu di situ. Kalau tidak ada, berarti kamu pakai ponsel Android. Bagi yang masih bisa menemu rokok di situ, sudah pasti ponselmu punya sistem operasi atau platform selain Android.

Problemnya ternyata bukan dari kebijakan marketplace, melainkan karena aturan dan ketentuan dari Google Play Store milik Android. Mereka melarang semua aplikasi di bawah naungan mereka untuk menjual rokok dan produk turunan tembakau lainnya, termasuk rokok elektrik. Jadi misal ada toko online yang masih saja berusaha menjual rokok di situ, si marketplace pasti bakal menurunkan produk itu. Bahkan jika ada toko online yang bandel dan mencoba mengelabui marketplace dengan memanipulasi konten terkait rokok, siap-siap saja toko online anda bakal dikurangi reputasinya. 

Sekali lagi, problemnya sebenarnya ada di Google Play Store milik Android. Sehingga, sebenarnya kita masih bisa belanja rokok via marketplace asal tidak lewat platform Android. Kita bisa pakai ponsel iPhone misalnya. Bisa juga belanja rokok via marketplace pakai PC atau laptop. Masih bisa lo ternyata kawan. Jangan lupa juga, belanja online tidak melulu via marketplace. Ada juga situs-situs penjual rokok online yang menjual berbagai macam merek rokok. Bahkan sekarang juga banyak kawan-kawan kita yang jualan rokok lewat WA. 

marketplace rokok

Sepertinya, sebagian besar perokok, mungkin masih asing dengan belanja rokok secara online. Karena rokok sejatinya masih relatif mudah didapatkan di toko-toko kelontong terdekat. Selain itu, kebutuhan rokok biasanya sifatnya seringkali mendesak. Tidak mungkin kan kalau pengennya ngerokok sekarang tapi barangnya baru ada sehari atau beberapa hari kemudian. Apalagi tidak semua perokok punya kemampuan membeli rokok langsung sebungkus. Ada masih suka beli ketengan. Kan gak mungkin belanja rokok ketengan via online.

Sekarang sudah banyak menjamur toko kelontong Madura yang buka 24 jam. Di sana masih banyak tersedia berbagai macam merek rokok. Di situ juga masih bisa beli ketengan. Toh kalau sudah pengen banget merokok, tak pikir melipir sebentar ke toko kelontong juga bukan sesuatu yang memberatkan. Kebiasaan membeli rokok lewat online tentu saja tidak akan bakal hilang. Untuk merek-merek rokok tertentu, pasar online masih jadi yang utama. Ada beberapa merek rokok yang hanya bisa kita dapatkan via online karena di pasaran memang sangat sulit ditemukan.