campuran tingwe

Apa Saja Campuran Tembakau untuk Tingwe yang Nikmat?

Sebagai perokok kelas menengah kenaikan tarif cukai yang berdampak pada naiknya harga rokok tentu saja bikin kepala pusing. Gimana enggak pusing, kesehatan dompet jadi penyakitan dan sering sekali demam. Naiknya harga rokok tentu saja harus disiasati dan mencari solusi dari masalah ini adalah wajib hukumnya.

Setidaknya ada dua opsi terbaik yang saya pilih untuk mengakali ini: Memilih rokok yang lebih murah dan Tingwe (Linting Dewe). Beli rokok murah bukan berarti saya beli rokok ilegal, ya. Saya tetap beli rokok bercukai dan mengkonsumsi rokok legal. Lagipula rokok-rokok ilegal ini sudah pasti pakai tembakau dengan kualitas buruk dan secara rasa bikin mual.

Atas rekomendasi teman, saya juga mencoba tingwe sebagai pilihan agar lebih hemat. Meski pada awalnya banyak nanya, sekarang saya sudah punya andalan sendiri tembakau apa yang saya konsumsi dan dengan campuran apa saja yang bisa menjadikannya nikmat.

Bagi saya, selain bisa berhemat, tingwe juga membuat kita bisa mengeksplore rasa. Kita bisa memilih tembakau mana yang pas hingga campuran apa saja yang bisa membuat kenikmatannya berlipat ganda. Ada beberapa campuran yang bisa menambah rasanya jadi lebih yahud, kretekus. Jika kalian belum tahu, inilah campuran tembakau untuk tingwe yang nikmat dan harus kalian coba.

Kemenyan

Tenang aja, kretekus, kemenyan itu ngga berarti selalu soal hal mistis. Fyi, kemenyan ini adalah getah dari tanaman syntax yang dikeringkan. Biasa digunakan untuk obat-obatan, kosmetik, dan tentu saja untuk campuran tingwe. Kalian bisa menambahkan kemenyan pada tingwe agar mendapatkan aroma wangi yang manis. Tapi jangan banyak-banyak nambahinnya, biar rasa khas dari tembakaunya tidak hilang, ya.

Cengkeh

Campuran berikutnya adalah cengkeh, rempah asli Indonesia yang bisa memperkaya rasa dan punya banyak khasiat bagi kesehatan. Bicara tembakau tentu saja tak bisa mengesampingkan cengkeh. Perpaduan keduanya akan menghasilkan cita rasa yang enak. Secara karakter, cengkeh punya rasa pahit dan pedas tapi aromanya manis sangat pas untuk jadi bahan campuran.

Kapulaga

Kapulaga sejak dulu sudah dipakai untuk obat tradisional dan juga untuk bumbu masakan. Jadi rempah satu ini memang serba guna, selain itu dampak baik untuk kesehatannya juga banyak. Dalam rokok, kapulaga biasanya dijadikan sebagai bahan baku saus rokok kretek. Jika kalian ingin membuat tingwe yang beraroma sedap, rempah satu ini sudah pasti tidak boleh dilewatkan.

Kelembak

Sejak ribuan tahun lalu, kelembak adalah tanaman yang sering digunakan untuk ramuan obat herbal. Dalam campuran tembakau tingwe, bagian yang digunakan adalah akarnya. Kelembak biasanya menjadi pasangan emas dengan kemenyan. Fusion keduanya kita kenal sebagai “kelembak menyan” dan mampu menghasilkan aroma yang harumnya bukan main.

Nah kretekus, itulah campuran tembakau untuk tingwe yang nikmat dan harus kalian coba. Soal takaran kalian bisa coba-coba sendiri hingga nantinya dapat rasa yang sesuai selera. Jangan malu buat tingwe, sekarang tingwe juga banyak dilakukan oleh golongan muda, kok. Selamat mencoba, salam sebat dan berasap!

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun
Total
0
Shares
Related Posts