produk sampoerna
OPINI

Apakah Produk Sampoerna Masih Layak Dibeli?

Beberapa sahabat sering bertanya kepada saya. Apakah produk rokok Sampoerna masih layak dibeli atau tidak. Hal ini juga mungkin menjadi pertanyaan oleh banyak orang, khususnya penikmat produk Sampoerna.

Tak dipungkiri, dahulu produk Sampoerna itu sangat popular di kalangan masyarakat. Misalnya rokok Sampoerna Mild. Rokok itu merupakan pelopor rokok Low Tar Low Nicotine di Indonesia. Semenjak kepopuleran rokok tersebut, kemudian banyak pabrik yang mengeluarkan rokok Low Tar Low Nicotine pula. Clas Mild dan Bentoel Mild produk yang menyusul kepopuleran rokok Sampoerna Mild tersebut. 

Kemudian rokok Dji Sam Soe, bagi para pecinta rokok kretek, sangat aneh jika tidak mengenal rokok Dji Sam Soe. Rokok Dji Sam Soe sudah menjadi salah satu rokok legenda di Indonesia. Sejak awal kemuculan pada tahun 1913 hingga saat ini, rokok Dji Sam Soe mempunyai penikmat yang sangat banyak dan loyal. 

Dengan kedua contoh rokok produk Sampoerna tersebut, menandakan bahwa produk rokok Sampoerna itu masih menjadi produk rokok unggulan di Indonesia. Pertanyaannya, apakah produk Sampoerna masih layak dibeli di tahun 2023 ini? Mari kita bahas. 

dji sam soe

Menurut saya, produk rokok dari Sampoerna yang masih layak dibeli hanya produk rokok Dji Sam Soe. Semua varian rokok Dji Sam Soe masih layak dibeli. Alasannya sederhana, rokok Dji Sam Soe ini secara rasa masih sangat enak, bisa dinikmati dalam segala kondisi. Saat flu menyerang, rokok ini juga masih menjadi pilihan terbaik untuk membuat badan lebih enakan. 

Soal harganya pun, rokok Dji Sam Soe ini masih terbilang cukup terjangkau. Rokok Dji Sam Soe versi premiumnya saja harganya masih berkisar di angka 20 ribu rupiah. Rokok ini pula masih menjadi rokok primadona, hingga menjadi rokok pilihan untuk turun kasta dari rokok SKM Reguler dengan nama besar yang harganya sudah mencapai 25 ribu rupiah.

Bagaimana dengan Produk Rokok Sampoerna Mild? 

Berbeda dengan rokok Dji Sam Soe, saya sangat tidak merekomendasikan rokok Sampoerna Mild ini. Alasannya sederhana, rokok Sampoerna Mild ini hanya menang mahal doang. Sensasi rasanya sudah berubah, berbeda dengan dahulu. Saat awal kemunculan rokok ini, rokok Sampoerna Mild ini sangat enak. Bahkan boleh dibilang rokok mild paling enak pada zamannya.

Namun sekarang rokok ini mengalami perubahan rasa. Hal ini juga diafirmasi oleh banyak teman saya yang merokok rokok Sampoerna Mild ini. Dahulu, rokok Sampoerna Mild ini saat masih menggunakan alumunium foil untuk membungkus batangnya, rasanya itu masih oke. Namun setelah mengganti alumunium foil dengan kertas biasa, rasanya sudah berubah.

Kalau saya tidak salah ingat, rokok Sampoerna Mild ini ada 2 macam rokok. Ada yang masih menggunakan alumunium foil, ada yang menggunakan kertas. Untuk harganya pun masih mahalan yang menggunakan alumunium foil, kalau saya tidak salah ingat harganya itu 33 ribu rupiah. Sedangkan untuk yang menggunakan kertas harganya itu 30 ribu rupiah. 

Di pasaran, rokok Sampoerna Mild yang menggunakan alumunium foil ini sangat susah ditemukan. Rata-rata yang ada di pasaran adalah produk sampoerna yang menggunakan kertas. Walau emang harganya itu menjadi lebih murah, namun rasanya sangat berbeda. 

Dengan harga yang sudah mencapai 30 ribu namun dengan rasa yang begitu, saya lebih menyarankan untuk beralih ke rokok yang lain. Rokok dengan harga yang relatif lebih murah dan punya rasa yang cukup enak. Contohnya aroma mile, diplomat evo, Clas Mild dan Geo Mild.