logo boleh merokok putih 2

Djarum Super MLD Fresh Cola: Siap Mendobrak Dominasi Rokok Capsule yang Dikuasai Esse

Seminggu terakhir ini jagad maya di platform X diramaikan gosip kemunculan produk baru dari PT Djarum Kudus. Namanya Djarum Super MLD Fresh Cola. Agar lebih ringkas saya sebut saja rokok MLD Fresh Cola.

Foto-foto bungkusan rokok MLD Fresh Cola berseliweran di jagad X. Ini menggoda saya karena selalu muncul di beranda saya seolah mengejek saya karena belum bisa mencicipinya. Boro-boro mencicip, barangnya saja gaib.

Kemunculannya yang hanya berupa foto kemudian menjadi bahan gosip. Ada yang bilang rokok MLD Fresh Cola ini hanya diedarkan di Sumatra saja. Namun ada juga yang bilang juga diedarkan di Jakarta dan sebagian pulau Jawa.

Kesimpangsiuran informasi di jagad X membuat saya semakin penasaran. Seperti apa sebenarnya rasa rokok MLD Fresh Cola.

Saking kepinginnya, saya kemudian iseng bertanya kepada beberapa toko dan warung rokok tentang keberadaan rokok MLD Fresh Cola, jawabannya selalu sama: belum ada.

Saat saya bertanya pada teman yang bekerja di DSO (Distrik Sales Officer) Djarum di Ring Road, Jogja, teman saya juga bilang; rokok MLD Fresh Cola sebenarnya memang belum secara resmi masuk ke wilayah Yogyakarta.

Akan tetapi yang membuat saya penasaran, dari mana netizen mendapatkan rokok MLD Fresh Cola yang jelas-jelas tempat tinggalnya di area Jogja.

Setelah rajin mengamati tiap komentar dan postingan di jagad X, dan Instagram, akhirnya saya mendapatkan informasi A1 dari seorang netizen. Netizen itu bilang mendapatkan rokok MLD Fresh Cola di sebuah toko di jalan Imogiri Barat, Jogja.

Karena penasaran dan ngebet kepingin merasakan, segera saja saya meluncur ke jalan Imogiri Barat. Mencari ancer-ancer lokasi toko yang dibilang netizen tersebut.

Dapat! Nama tokonya Minimarko. Ancer-ancernya, jika Anda datang dari arah utara atau dari arah Ringroad Selatan, toko Minimarko ada di sebelah kanan jalan dan terletak setelah pom bensin jalan Imogiri Barat.

Pingin lebih presisi lagi, toko Minimarko berada di seberang Gudang Kopi Kapal Api. Pasti ketemu!

Desain Djarum Super MLD Fresh Cola Mewah khas Rokok Golongan Satu

Saya menimang-nimang sebungkus rokok MLD Fresh Cola yang baru saya beli di toko Minimarko.

Desain Djarum Super MLD Fresh Cola

Desain kemasan bungkusnya masih memakai konsep rokok MLD yang lama. Berwarna dasar putih dengan tulisan Djarum Super berwarna hitam dan tulisan MLD berwarna merah yang elegan.

Hanya saja, kali ini di bawah tulisan Djarum Super MLD itu diberi tambahan aksen ornamen warna merah dan jingga berombak bahkan menyerupai gumpalan awan.

Sedangkan pada bagian bawahnya terdapat bulatan warna merah tua dengan tulisan melingkar Fresh Capsule.

Bulatan itu sebagai penanda bahwa dalam tiap batang rokok ini terdapat capsule di dalam filternya agar bisa dipencet untuk meningkatkan rasa rokoknya dengan rasa cola.

Desainnya berkesan mewah. Finishing-nya sangat presisi di tiap sambungan kotak kemasannya. Saya sih maklum.

Djarum Super MLD Fresh Cola adalah produk unggulan dari pabrikan rokok mazhab besar PT Djarum Kudus. Sehingga, saat mengerjakan tiap tahapan produksi kemasannya jelas digarap dengan sangat serius.

Tampilan muka dan belakang desain kemasannya hampir serupa. Hanya saja dibedakan dengan adanya QR Code dengan tulisan scan di sini.

Saya tidak memindai QR Code tersebut. pikiran saya hanya ingin lekas-lekas membakar saja batangan rokok MLD Fresh Cola ini.

Untuk desain kemasan rokok MLD Fresh Cola ini saya beri nilai 9 dari 10. Sangat rapih dan berkesan mewah.

Desain kemasannya sangat layak untuk dibawa ke tongkrongan dan diletakkan di atas meja saat nongkrong bareng teman-teman di cafe.

Harga Djarum Super MLD Fresh Cola

Harganya saya beli di Minimarko 30k. HJE di pita cukainya 32900. Isinya 16 batang. Dengan ukuran batangan kecil lazimnya rokok SKM Mild. Bentuk batangannya sama dengan MLD biasa.

Hanya saja pada batas isapnya diberi tambahan lingkaran sebagai penanda click untuk mengubah dan meningkatkan rasanya menjadi rasa cola.

Rasa Segar Cola yang Nikmat

Saat bungkusnya saya buka terdapat foil berwarna coklat yang diberi tulisan Fresh Cola dengan font yang serupa dengan yang ada di kemasannya.

Batangannya segera menebarkan aroma harum cola yang segar saat saya membuka foilnya.

Saya cabut sebatang dari bungkusnya dan saya tempelkan ke hidung. Rasa segar segera menusuk lobang hidung dengan wangi cola yang sedap. Wangi cola itu membangkitkan ingatan saya pada masa kecil.

Batangan Djarum Super MLD Fresh Cola

Saat saya memegang sebuah botol limun rasa sarparila yang segar bersama ibu di beranda rumah. Saya ingat, pada saat itu ibu membeli limun sarparila di warung tetangga.

Setelah remaja kemudian saya tahu ada minuman merk lain yang juga menyerupai limun sarparila yaitu Coca Cola dengan botol bening yang unik.

Memegang batangan rokok MLD Fresh Cola seperti memegang botol Coca Cola yang tutupnya sudah terbuka. Aroma segar manisnya memacu keinginan untuk meneguk isinya.

Lantas saat api korek saya nyalakan menyulut ujung bakar batangannya, rasa segar dan dingin menjadi yang pertama saya rasakan. Enak.

Rasa pertama rokok MLD Fresh Cola ini ternyata sudah memunculkan rasa cola dan rasa dingin yang segar sejak awal diisap.

Isapan pertama tidak melulu rasa cola melainkan juga rasa tembakau original khas rokok MLD biasa juga masih terasa.

Rasa sepet dan manis yang halus juga pedas cengkehnya masih terasa. Rasa khas original MLD nya tidak dihilangkan.

Tarikannya juga halus. Hanya saja kali ini ditambah rasa cola yang ringan. Sedangkan rasa dinginnya rendah. Sehingga sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang panas. Atau saat sedang bersantai kala rehat dari pekerjaan.

Tanpa sadar saya menikmati rasa rokok MLD Fresh Cola ini sampai habis satu batang tanpa memencet filternya.

Isapan Djarum Super MLD Fresh Cola Setelah diklik

Maka pada batangan yang kedua, usai tiga isapan, saya segera memencet tanda bulatan pada filternya. Rasanya langsung berubah drastis. Dinginnya naik satu tingkat.

MLD Fresh Cola

Memang tidak sedingin dan semenyengat LA Ice tapi sudah terasa cukup dingin dengan rasa cola yang juga meningkat.

Rasa manis cola yang berpadu dengan rasa dingin yang sedang membuat perpaduan rasanya menjadi seimbang antara rasa cola dan dinginnya.

Untuk rasanya, saya memberi nilai 9,5 dari 10. Saya sangat menyukainya. Dan rasanya saya kira sangat cocok dan pas jika disandingkan dengan rokok harian saya Djarum Coklat Extra.

Merasakan sensasi rokok MLD Fresh Cola, saya pikir dominasi rokok Mild Capsule yang selama ini dikuasai oleh rokok Esse bakal berubah.

Saya yakin keberadaan rokok MLD Fresh Cola akan banyak menarik perhatian penikmat rokok Esse mild capsule.

Apalagi jika rokok MLD Fresh Cola sudah tersebar merata. Saya yakin banyak penikmat rokok casule produk Esse akan melirik dan menjajal ke rokok MLD Fresh Cola ini.

Esse Mild sebagai Penguasa Pasar Mild

Seiring berjalannya waktu, dominasi rokok Esse akan terganggu bahkan bisa saja makin membuat penasaran penikmat rokok Esse mild.

Ini berkat kejelian PT Djarum dalam mengisi peluang rasa yang memang belum tergarap oleh pabrikan dari Pasuruan yang diakuisisi oleh perusahaan multinasional dari Korea itu.

Agar lebih terhubung dengan apa yang saya katakan di paragraf atas, saya akan sedikit memberikan gambaran sejak kapan Esse menguasai pasar rokok SKM Mild Capsule.

Semua bermula pada tahun 2011, saat perusahaan multinasional asal Korea KT&G mengakuisisi pabrik rokok lokal PT Tri Sakti Purwosari Makmur, Pasuruan.

Tujuannya untuk menguasai pasar rokok kretek Low Tar Low Nicotin yang miskin inovasi dalam rasa.

Hasil merger itu baru terlihat dua tahun kemudian. Pada tahun 2013 PT Tri Sakti Purwosari Makmur untuk pertama kalinya meluncurkan produk rokok kretek SKM Mild bernama Esse Mild.

Lalu, dilanjutkan dengan produk kedua yaitu Esse Mild Menthol.

Untuk mendobrak pasar rokok mild, PT Tri Sakti Purwosari Makmur pada tahun 2014 kemudian membuat produk SKM Mild capsule dengan varian rasa yaitu Esse Change Applemint.

Inovasi rasa dari rokok mild capsule ini tentu saja disambut pasar dengan riuh. Sambutan pasar bagus. Produknya disukai perokok berusia muda.

Untuk mendominasi pasar rokok mild capsule hanya dengan satu produk saja tentu tidak akan cukup.

Maka PT Tri Sakti Purwosari Makmur kemudian meluncurkan produk-produk baru dengan berbagai macam varian rasa. Seperti Esse Change dan Esse Pop. Lalu rokok Esse Maxx hingga Esse Café.

Menurut catatan di situs web bolehmerokok.com ada 21 varian Esse berbagai rasa yang telah menguasai pasar rokok di Indonesia. Mulai dari Esse Mild, Esse Change, Esse Berry Pop, Esse Double Pop, dan lainnya.

Dari sejumlah varian rasa Esse yang sudah diluncurkan oleh KT&G masih banyak inovasi rasa yang belum disentuh dan dijadikan produk rokok.

Makanya, kompetitor yang berasal dari pabrikan rokok mazhab besar mencari celah. Rasa apa yang kira-kira bisa menggaet penikmat rokok capsule.

Djarum Super MLD Fresh Cola Penantang Serius Rokok Esse

Makanya saat rokok MLD Fresh Cola ini muncul di pasaran rokok mild, suasana pertarungan rokok SKM Mild capsule bakal makin ramai.

Karena bisa saja akan berpengaruh bagi ceruk pasar penikmat rokok mild capsule dari produk Esse dari pabrikan KT&G yang telah mengakuisisi PT Tri Sakti Purwosari Makmur, Pasuruan. Bisa saja.

Saya sebagai penikmat rokok hanya memilih mana yang sesuai harganya dan cocok rasanya. Karena semakin banyak pilihan perokok akan semakin mudah untuk berpindah selera rasanya yang sesuai dengan kantong masing-masing.

Karena dari segi harga. Rokok MLD Fresh Cola lebih unggul jika dibandingkan dengan harga rokok SKM Mild Capsule dari varian Esse yang saat ini harganya sudah di atas 30k.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Penulis

Artikel Lainnya