Pedoman Memilih dan Mencoblos DPR, DPD, Capres Bagi Kretekus

Wahai sahabat kretek, mari kita sukseskan pemilu di tahun 2019 ini. Jadilah pemilih cerdas, Jangan gadaikan pilihanmu dengan kenikmatan sesaat, jangan pilih hanya karena uang, pilihlah caleg DPR, DPD atau presiden yang mengayomi kepentingan pertembakauan. Jika memilih karena uang dan kepentingan sesaat, maka kamu akan merasa rugi minimal lima tahun bahkan bisa seumur hidup, jadi jangan coba coba.

Sebentar lagi pemilu di tahun 2019 akan dilaksanakan. Kali pertama dalam pemilu ini memilih Presiden,DPR dan DPD dilaksanakan dengan serentak. Berbeda dengan tahun sebelumnya (2018 kebawah) diawali dengan memilih DPR dan DPD, selanjutnya baru memilih Presiden.

Bacaan Lainnya

Di tahun 2019 ini masyarakat harus ektra hati-hati menjatuhkan pilihannya. Semua calon akan mengumbar janji. Jangan sampai ternela dengan janji yang terucap dibibir saja. Belum lagi rencana yang akan dicoblos ada 5 kertas dengan petanda tersendiri, misal warna hijau untuk memilih DPR kota/Kabupaten dan seterusnya, akan membuat bingung dan memecah konsentrasi pemilih. Nah, disini akan di bagikan bebera tips cara memilih dan mencoblos:

Tips sederhana memilih Caleg dan Presiden bagi kretekus:

  1. Kenali sosok calon DPR dan presiden, dengan menggali informasi sebanyak banyaknya sepak terjang atau latar belakang caleg atau presiden
  2. Jujur, hal ini memang agak sulit untuk ditentukan, akan tetapi paling tidak kita bisa memperkirakan caleg dan presiden jujur dan amanah dengan melihat kebribadiannya, melihat latarbelakangnya, keturunannya, dan sepakterjangnya
  3. Kuat, dimaksut adalah kuat fisiknya atau tidak sakit-sakitan, kuat pendiriannya terlebih memperjuangkan masyarakat, tetap sabar dari terpaan isu dan tidak cepat emosi, dapat merangkul dari kalangan manapun baik kelompok suku dan agama yang berbeda, tidak gampang menyerah, berani membela kaum minoritas, berani membela untuk keadilan dan kebenaran.
  4. Dapat dipercaya,hanya bisa dilihat dari petanda, salah satunya tidak suka bohong, tidak membawa kabar hoaks, cermat dan teliti sebelum bertindak, tidak menjelek-jelekkan orang lain, tidak sombong, hidup sederhana dan apa adanya
  5. Yang terpenting mempunyai komitmen membela sektor pertembakauan meliputi petani tembakau, petani cengkeh, hasil olahan tembakau dan cengkeh, memperjuangkan hak- hak yang seharusnya diterima secara adil bagi konsumen rokok (perokok)

Kelima di atas standart minimal acuan kretekus sebelum menjatuhkan pilihannya ke salah satu caleg DPR, DPD atau capres. Tujuan utama tips di atas untuk memperoleh wakil dan pemimpin sesuai harapan kretekus. Lain itu, untuk memilih pemimpin yang “qowiyyun aminun” atau “al-qowiyyu al aminu” (kuat dan dapat dipercaya).

Setelah, menentukan kriteria seoarang yang akan dipilih, tahap selanjut menentukan pilihan dengan mencoblos pada kertas dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal tidak lah mudah, sebab nantinya kertas dari KPU yang disebut surat suara ada lima jenis, diberikan dan dicoblos sekaligus. Belum lagi partai peserta pemilu ada 16 dan tiap partai banyak daftar nama caleg. Prakteknya,  dipastikan membingungkan. Tapi jangan kuatir, disini kita akan bagi beberapa tips untuk mencoblos caleg DPR, DPD dan capres.

Baca: Panduan untuk Kretekus Memilih Capres di Pilpres 2019

Sembilan tips mencoblos pilihan di kertas suara:

  1. Sebelum ke tempat pemungutan suara (TPS), yang harus dilakukan mengingat nama yang akan dipilih beserta nomor urutnya dan partainya, alangkah lebih baik juga mengerti nomor urut partainya.
  2. Di TPS, anda akan memegang 5 kartu suara yang beda warna,
Warna Hijauuntuk memilihDPR Kabupaten/ Kota
Warna Biruuntuk memilihDPR Provinsi
Warna Kuninguntuk memilihDPR RI
Warna merahuntuk memilihDPD RI
Warna Abu-abuuntuk memilihPresiden dan Wakil presiden
  1. Lima kartu suara, silahkan di tata berjajar dulu di atas meja, dan diurutkan dari sebelah kiri atau sebelah kanan. Urutannya di mulai dari kartu suara yang DPR Kabupaten/kota, sebelahnya DPR Provinsi, DPR RI, DPD dan Presiden.
  2. Buka kartu suara DPR Kabupaten/kota, cari partainya atau urutan nomor partai setelah ketemu partainya, cari nama orang atau nomor urut yang dituju, kemudian coblos tulisan nama tersebut atau di nomor urutnya. Selesai lipat kembali dan ditaruh agak kedepan atau kebelakang untuk membedakan kartu sudah tercoblos.
  3. Ambil kartu suara DPRD Provinsi, caranya sama di atas, setelah selesai tumpuk kartu, di atas kartu yang pertama
  4. Ambil kartu suara DPR RI, caranya sama dengan nomor 4 dan 5, begitu seterusnya hingga kartu terakhir yaitu pilihan presiden
  5. Setelah dicoblos semua, kartu dimasukkan sesuai kotak masing-masing kartu suara dengan minta bantuan petugas
  6. Saat menata dan mencoblos kartu, lakukan dengan tenang santai, tidah usah terburu-buru, dan jangan panik.
  7. Dalam mencoblos, usahakan tidak dalam keadaan lapar, tidak dalam keadaan haus, dan sebagainya.

Demikian tips sederhana untuk memilih dan mencoblos caleg, DPD dan capres, sesuai keinginan. Yang terpenting bagi kretekus dan bagi orang yang berada di sektor pertembakauan (petani dan buruh tani tembakau atau cengkeh, buruh dan karyawan industri rokok, konsumen kretek dan lainnya) mari kita pilih wakil dan pemimpin yang jelas-jelas pro pertembakauan.

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

Pos terkait