Ragam

Tiga Alasan Mengapa Merokok di Dalam Pesawat adalah Hal yang Terlarang

Saat bepergian ke berbagai daerah segala sesuatunya harus dipersiapkan dan diperhatikan. Mulai dari mempersiapkan barang-barang yang ingin dibawa hingga memperhatikan hal-hal yang tak boleh untuk dilakukan selama perjalanan. Ragam jenis kendaraan yang berbeda juga memiliki peraturan yang berupa-rupa pula.

Akan tetapi satu hal yang pasti adalah seluruh moda transportasi baik darat, laut, dan udara di Indonesia pastinya melarang kita untuk melakukan aktivitas merokok di dalamnya. Mungkin moda transportasi laut agak sedikit luwes dalam penerapannya, meski demikian kita juga harus tetap mematuhinya dengan tak merokok di sembarang tempat.

Dari segala moda transportasi tersebut, peraturan yang paling ketat kita ketahui bersama ada pada moda transportasi udara. Aturan sama sekali tidak boleh merokok ada pada moda transportasi pesawat ini. Walau sebenarnya dahulu sejatinya aktivitas merokok di dalam pesawat sebenarnya masih diperbolehkan loh.

Ada tiga alasan yang kami rangkum tentang mengapa merokok di dalam pesawat menjadi hal yang sangat terlarang untuk dilakukan. Ada tiga alasan yang kami rangkum tentang mengapa merokok di dalam pesawat menjadi hal yang sangat terlarang untuk dilakukan. Tiga alasan ini juga menjadi edukasi buat kamu agar tidak melakukan pelanggaran ini demi keselamatan bersama.

Ruangan Kabin yang Sempit

Ini adalah alasan pertama mengapa masyarakat tidak boleh merokok di dalam pesawat. Seperti kita ketahui bahwa kebanyakan pesawat komersil tak punya ukuran ruangan yang luar biasa besar untuk ditempati. Jika ada aktivitas merokok di dalamnya maka sudah barang pasti akan mengganggu penumpang lainya.

Belum lagi sirkulasi udara yang cukup terbatas di dalam kabin pesawat. Zona khusus merokok saja layaknya dilakukan di tempat terbuka agar asap bisa keluar bebas dan tidak terjebak pada satu ruangan. 

Jika diperbolehkan merokok maka bisa anda bayangkan jika ada banyak yang merokok di dalam kabin pesawat. Saya yang juga sebagai seorang perokok saja tak memungkinkan untuk membayangkan hal itu terjadi.

Bahaya Merokok di Ruang AC

Seperti kita ketahui juga bahwa di dalam pesawat ada fitur air conditioner untuk mendinginkan cuaca. Nah, ada sebuah asumsi bahwa merokok di ruangan ber-ac adalah sesuatu yang dilarang karena berbahaya.

AC juga mengandung gas Freon yang dapat bereaksi dengan suhu panas dari pembakaran rokok akan menghasilkan gas beracun. Dalam ruangan ber-AC asap rokok akan mengikat udara yang mengandung titik-titik embun yang nantinya menjadi udara kotor yang mengandung zat berbahaya.

Tak hanya tidak boleh merokok di dalam pesawat, biasakan diri anda juga dengan tidak merokok di dalam ruangan ber-AC ya! 

Demi Keselamatan Penumpang

Jika puntung rokok tak dibuang pada tempatnya maka bukan lagi dapat mengotori lingkungan tapi juga membahayakan. Anda sudah pasti ingat banyak kejadian kebakaran besar memvonis rokok sebagai biang sebabnya. Yaa padahal ada juga yang belum sepenuhnya terbukti benar.

Apalagi sangat rawan dan semoga tak sampai terjadi jika kejadian itu terjadi saat penerbangan. Bahan-bahan di dalam pesawat juga dalam kategori sesuatu yang mudah terbakar. Api dapat berpotensi untuk membuat hal yang tidak kita inginkan bisa terjadi.

Demi kenyamanan dan keamanan bersama sejatinya kita para perokok juga perlu mentaati peraturan. Memang dalam sejarahnya aktivitas merokok di dalam pesawat tetap diperbolehkan namun seiring lambat laun berjalan peraturan dibuat untuk melarang hal tersebut.

Siapkan permen dan camilan sebagai pengganti jika anda ingin merokok di perjalanan. Atau anda tetap bisa menikmatinya sebelum penerbangan. Toh banyak juga bandara yang menyediakan ruangan merokok yang mudah dijangkau. 

Tetap menjadi perokok santun dan safe flight! 

 

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

You may also like

Comments are closed.

More in:Ragam