REVIEW

Menikmati Nasi Kretek, Kudapan Khas Gresik

Selama ini kita mengenali kretek sebagai sebuah rokok khas Indonesia yang menggunakan tembakau, ramuan khusus, dan cengkeh di dalamnya. Kretek biasanya dinikmati dengan cara dibakar dan dihisap di waktu senggang. Akan tetapi pernahkah kalian membayangkan jika bisakah kretek dinikmati dengan cara lain? Misalnya dengan cara dimakan?

Jawabannya tentu sangat bisa apabila kretek dinikmati dengan cara dimakan. Akan tetapi buang jauh pikiran kalian jika harus memakan kretek yang berisikan tembakau, ramuan khusus, dan cengkeh di dalamnya. Bukan itu, kretek yang bisa dimakan adalah sebuah kudapan yang berasal Gresik, Jawa Timur.

Nasi Kretek adalah salah satu dari sekian banyak makanan khas Gresik. Secara penampilan kudapan tersebut memiliki kemiripan dengan Nasi Krawu yang juga khas dari Kota Santri tersebut.Kesamaannya antara dua makanan ini adalah lauk utamanya yaitu suwiran daging. Akan tetapi yang membedakan adalah rasa, toping, dan lauk pendampingnya.

Nasi Krawu biasanya disajikan dengan daun pisang dan tambahan toping seperti serundeng. Tak hanya itu Nasi Krawu juga biasanya dimakan dengan sambal terasi dan tambahan lauk seperti daging sapi, semur daging, dan jeroan sapi. Ini yang kemudian membedakan antara kudapan tersebut dengan Nasi Kretek yang tidak memiliki banyak lauk pendamping.

Suwiran daging di Nasi Kretek memiliki rasa yang pedas serta sedikit sensasi asam. Rasa pedasnya cukup menendang meski masih bisa dinikmati oleh mereka yang tidak menyukai makanan pedas. Sensasi asam yang didapatkan kemungkinan hadir dari buah asam atau perasan jeruk nipis sebagai bumbu dasar suwiran daging di makanan ini.

Suwiran dagingnya juga memiliki tekstur yang tebal serta berminyak. Bagi anda yang sedang menjalani program diet maka bisa dipastikan akan berpikir dua kali untuk menikmati makanan ini. Disarankan juga mengingat rasanya yang pedas serta teksturnya yang berminyak maka siapkan minuman hangat sebagai pendamping agar tenggorokan anda tidak mengalami panas dalam.

Sayangnya anda tak bisa dengan mudah menemukan Nasi Kretek ini di Gresik. Pasalnya kehadiran kuliner ini perlahan-lahan tenggelam dan bahkan tak semua warga di daerah tersebut mengetahuinya. Jika anda mengunjungi Gresik dan tengah beruntung maka bisa menemukan makanan ini di warung-warung kopi. Biasanya ditemukan dalam bentuk nasi yang sudah dibungkus.

Harga satu bungkus Nasi Kretek ini sekitar 7 hingga 15 ribu rupiah tergantung di mana anda membeli. Jika di warung kopi pinggiran maka harga 7 ribuan bisa anda temui. Namun jika di kedai dan restoran mungkin harga sekitar 15 ribuan yang harus keluarkan untuk menikmati makanan ini.

Sebenarnya bukan hanya Gresik yang memiliki kudapan bernama kretek. Di daerah lainnya yang juga di Jawa Timur yaitu Jombang juga mempunyai kudapan khas bernama serupa namun memiliki bentuk dan isi yang berbeda. Sebagai penikmat kretek tentu kudapan Nasi Kretek menjadi hal yang unik untuk kalian coba saat berkunjung ke Jawa Timur. Silahkan mencoba!

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun
mm
Seorang lelaki yang tak pernah merasa kesepian

    You may also like

    Comments are closed.

    More in:REVIEW