REVIEW

9 Rekomendasi Wisata di Kabupaten Temanggung

wisata terbaik temanggung
foto: idntimes

Selain sentra tembakau terbaik Nusantara, Temanggung memiliki pesona wisata yang indah dan beragam. Berikut adalah rekomendasi wisata Temanggung

Di masa pandemi seperti sekarang ini, masyarakat Indonesia diimbau untuk tidak mudik dan melakukan perjalanan ke luar kota selain untuk keperluan darurat. Hal tersebut dilakukan untuk menekan angka penularan Covid-19 yang biasanya diawali dengan adanya kerumunan dan kontak dengan seseorang yang sudah terpapar virus dari suatu tempat.

Nah, untuk mengisi hari libur Lebaran, buat kamu yang berada di sekitar Kabupaten Temanggung, boleh lo sesekali main-main buat refreshing. Buat kamu yang berada di luar kota juga boleh kok, tapi tunggu masa pembatasan mudik selesai dulu dan tentunya tetap patuhi protokol kesehatan, ya.

Berikut ada beberapa tempat wisata rekomendasi ala negeri tembakau yang sudah Kretekmin rangkum buatmu. Iya, buat kamu.

Berwisata ke daerah Temanggung merupakan salah satu alternatif, sebab udaranya yang sejuk dan didominasi oleh objek bertemakan alam serta belum terlalu padat tentu menjanjikan hiburan tersendiri. Hamparan bukit yang dikelilingi oleh beberapa gunung akan memanjakan mata, terlebih jika kamu berkunjung pada awal bulan kemarau maka kamu akan disuguhi hamparan hijaunya pohon tembakau dan di akhir tahun, kamu akan melihat tembakau itu telah berubah menjadi emas cokelat yang tengah dijemur dan mengeluarkan semerbak aroma yang khas.

  1. Embung Kledung

embung kledung temanggung

Foto: @wisata_embung_kledung

Layaknya embung atau waduk, tempat ini merupakan penampungan air. Awalnya objek wisata ini bertujuan untuk menjaga stabilitas persediaan air bagi sektor pertanian dan perkebunan. Ternyata setelah selesai dibangun, kawasan tersebut menyimpan potensi keindahan alam yang layak untuk dijadikan objek wisata dan semakin dikenal hingga saat ini. 

Kamu bisa berfoto ria karena banyak spot foto dengan background gunung serta bonus kabut pada jam-jam tertentu. Lokasinya berada di Jalan Raya Parakan-Wonosobo, KM 12, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. HTM 5.000. 

Wah, rugi banget kalau kamu nggak mampir nih! 

  1. Embung Tlogopucang

embung tlogo pucang

foto: tangkap layar Youtube Kobra Mania

Hampir sama dengan Embung Kledung, Embung Tlogopucang awalnya juga bertujuan untuk menjaga stabilitas persediaan air. Namun karena panorama alamnya yang elok dan memiliki beragam spot selfie, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas termasuk berkemah. Lokasinya berada di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung. HTM 5.000. 

  1. Wisata Alam Posong

Wisata Posong Temanggung

foto: sewamobiljogja.id

Wisata alam Posong saat ini sedang menjadi primadona karena tak hanya hits di kalangan anak muda saja tetapi merupakan destinasi wisata untuk semua usia. Daya tarik wisata alam Posong yang paling terkenal adalah spot foto, camping area hingga golden sunrise. Ya, dari sini kamu akan melihat matahari terbit dengan indahnya. Lokasinya berada di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. HTM 20.000 ditambah parkir 3.000-5.000. 

  1. Watu Layah

watu layah temanggung

foto: dutawisata.com

Kalau berniat menikmati keindahan alam dari ketinggian berpadu dengan ragam spot selfie dalam suasana berkabut, Watu Layah adalah pilihan yang tepat. Lokasinya berada di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung. HTM 3.000. 

  1. Curug Titang 

curug titag temanggung

foto: mblusuk.com

Selain wisata berbasis pemandangan alam, Temanggung juga memiliki beberapa curug atau air terjun. Curug Titang sendiri dikelilingi oleh panorama alam yang masih asri karena jauh dari pemukiman warga. Namun, jika hendak kesana, siapkan tenaga ekstra ya, karena kendaraan belum bisa mencapai lokasi, nih. Kamu harus trekking terlebih dahulu. Tapi tenang, ketika sampai, suguhan pemandangan akan mengobati rasa lelahmu, kok. Lokasinya berada di Dusun Titang, Desa Nampirejo, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung. HTM dan parkir FREE.

  1. Curug Trocoh 

curug trocoh

foto: ardian kusuma

Curug Trocoh atau Curug Surodipo menjadi salah satu tempat wisata di Temanggung yang wajib dikunjungi. Memiliki ketinggian sekitar 120M, curug ini menyajikan panorama alam yang luar biasa. Kamu bisa menikmati keindahan Curug Trocoh dari atas maupun dari bawah atau di sekitar lokasi dekat kolam utama. Jarak trekking dari area parkir juga tidak terlalu jauh hanya sedikit menanjak dan sudah dilengkapi dengan anak tangga yang terbuat dari semen. Lokasinya berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, HTM 4.000. 

  1. Curug Onje

curug onje temanggung

foto: mytrip123.com

Berbeda dengan dua curug sebelumnya, Curug Onje memiliki dua undakan utama sebagai air terjun yang sangat lebar. Di masing-masing undakan utama terdapat undakan kecil dari bebatuan sehingga menyajikan panorama air terjun yang eksotis. Memiliki air yang jernih dan kolam yang tidak begitu dalam, tentu hal ini menjadi nilai plus. 

Saat mengunjunginya, pengunjung tetap harus berhati-hati saat berjalan dan disarankan tidak mengenakan alas kaki karena licin. Oh ya, jangan berkunjung terlalu sore karena jam 15.00 WIB curug ini sudah ditutup. Lokasinya berada di Desa Duren, Dusun Ngaliyan, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung. HTM 5.000. 

  1. Hutan Rasamala 

wisata growong

foto: http://wisatasigrowong.blogspot.com/

Hutan Rasamala juga dikenal dengan nama Wana Wisata Walitis. Daya tarik wisata ini adalah memiliki dua jenis pohon yang sangat unik, yaitu:

  • Pohon Walitis yang memiliki ketinggian sekitar 300 M dan diameter 7,5M. Wow, gede banget!
  • Pohon Rasamala, yaitu pohon yang tidak mempan dibakar api.

Tempat ini juga memiliki banyak spot yang foto yang instagramable. Lokasinya berada di Lereng Gunung Kembang, yaitu di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, Desa Jetis, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung. HTM FREE.

  1. Gunung Kendil 

gunung kendil

foto: travel kompas

Bagi pemula yang ingin mendaki, Gunung Kendil merupakan pilihan yang tepat karena tidak terlalu tinggi dan jalur pendakiannya tidak terlalu sulit. Namun jangan salah, hal ini tidak mengurangi keindahan panorama yang disajikan. Gunung kendil juga merupakan spot yang nyaman untuk camping. Lokasinya berada di Desa Sibajag, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. HTM 10.000 buka 24 Jam setiap hari.

Gimana, udah bikin list saat liburan ke Kabupaten Temanggung nanti? Jangan lupa tetap pakai masker dan hindari kerumunan, ya. Jika perlu, kamu bisa mencari info lebih lanjut terkait jam operasional objek wisata yang akan kamu kunjungi selama masa pandemi. 

Happy holiday and stay safe, ya Guys!

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

Comments are closed.

More in:REVIEW