Manfaat Tembakau Obat Herbal dari Sudut Pandang Ilmu Pengetahuan

tembakau obat herbal

Tembakau obat herbal memiliki banyak manfaat. Dari sudut pandang ilmu pengetahuan pun berkata demikian.

Tuhan menciptakan segala sesuatu itu tidak akan sia-sia. Semua itu ada manfaatnya masing-masing. Demikian kira-kira pepatah yang biasa kita dengar. Pun dengan tembakau yang selalu dicap dan identik sebagai racun dan musuh bagi kesehatan manusia. Intinya, tembakau sebagai rokok kadung lama dikampanyekan sebagai biang kerok menurunnya kesehatan manusia itu ternyata berguna dan berpotensi sebagai herbal yang manjur untuk manusia.

Bacaan Lainnya

Tidak heran, sohor di kalangan umum, model pengobatan rokok yang dipraktikan oleh Dr. Greta Zahar. Meski penuh pro dan kontra, namun banyak kesaksian membuktikan keampuhan metode tersebut. 

Nah dari sisi ilmu pengetahuan, apa sih manfaat tembakau sebagai obat atau herbal? Berikut beberapa manfaat dari tembakau.

Pertama, tembakau mampu membersihkan tanah dari senyawa peledak yang sangat sulit dihilangkan. Menurut penelitian Universitas Cambridge, tembakau sebagai polutan refraktori sangat ampuh membersihkan tanah.

Kedua, berguna sebagai fitoremediasi atau semacam tanaman yang memiliki kemampuan memperbaiki kondisi udara, tanah, dan air yang tercemar bahan kimia. Kemampuan produksi biomassa dalam skala besar dan tinggi menjadikan tembakau melakukan fitoremediasi. Tembakau mampu mengakumulasi logam berat melalui pucuk daun dan pertumbuhannya.

Ketiga, ternyata tembakau bisa menjadi alternatif bagi energi hijau yang ramah lingkungan. Beberapa penelitian menyebutkan tembakau bisa diolah menjadi biofuel, utamanya dari hasil rekayasa genetik tembakau untuk bisa menghasilkan volume minyak dalam biji tembakau itu tinggi. Minyak yang dihasilkan dari biji tembakau ini kemudian diolah jadi biofuel. Hasilnya minyak dari biji tembakau ini mampu mengurangi emisi karbondioksida 75 % lebih rendah dibandingkan energi berbahan fosil.

tembakau obat herbal alami
Tembakau diciptakan Tuhan agar dimanfaatkan dan memberkati umat manusia.

Keempat, sejak lama masyarakat menganggap tembakau sebagai obat penyembuh gejala nyeri, sembelit, encok, kejang, penawar racun, dan mampu menjadi stimulan pernapasan. 

Kelima, sebuah penelitian di dunia akademik menunjukan, tembakau memiliki antigen mirip dengan virus influenza sehingga dapat dijadikan vaksin bagi manusia. Dipercaya, proses pembuatan vaksin berbasis tembakau ini lebih cepat dibandingkan dari bahan lain.

Keenam, dunia rekayasa hayati menemukan dan mengembangkan tanaman tembakau sebagai incubator protein melalui modifikasi DNA-nya. Para ahli menggunakan rekombinan DNA tersebut sebagai obat dan agen terapeutik.

Ketujuh, banyak ahli mengakui tembakau sebagai sumber protein nabati yang unik. Di sini, tembakau berproses dan mengalami pengubahan menjadi protein untuk pakan ternak, kosmetik, pestisida dan juga makanan manusia. Hasil penelitian akademik di Amerika Serikat menemukan, tembakau memiliki kecepatan tanam dan perkembangbiakan empat kali lebih banyak dibandingkan dengan jagung atau kedelai. Jadi tembakau dapat menghasilkan protein lebih besar dan lebih banyak dibandingkan tanaman lain. Dan artinya tembakau bisa menjadi sumber daya protein.

Akhir kata, terlepas dari stigma buruk bagi tembakau sebagai rokok, tembakau adalah ciptaan Tuhan yang sangat bermanfaat. Dan stigma buruk terhadap tembakau tentu adalah politis. Persis seperti perilaku mantan yang antipasti pada kamu. Iya, kamu.

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

Pos terkait