tembakau kemloko
PERTANIAN

Tembakau Kemloko, Tembakau Signature Temanggung

Tembakau kemloko adalah anugerah besar bagi masyarakat Temanggung. Tembakau ini, selain sohor akan citarasanya, juga menyejahterakan petani.

Temanggung merupakan keajaiban dalam dunia tembakau di Indonesia. Di tanah yang diapit oleh Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing ini, dataran tinggi Temanggung menghasilkan tembakau kelas dunia. Tidak hanya kelas dunia dalam hal rasa, aroma, namun juga kualitas dan harganya. Salah satu yang terkenal tentu tembakau Srintil. Namun jangan lupa, ada tembakau ini yang juga menjadi andalan bagi petani Temanggung.

Tembakau signature adalah tembakau identitas geografis Temanggung. Alias tembakau lokal Temanggung yang tumbuh subur di dataran tinggi Selopampang dan Bulu di kaki pegunungan Sumbing Temanggung, Jawa Tengah. 

Hidup di dataran dengan ketinggian di atas 1000 mdpl, kemloko termasuk idaman petani untuk setiap musim tanamnya.

Tembakau ini memiliki 3 jenis tembakau yang populer ditanam oleh petani Temanggung. Pertama adalah Kemloko 1. Lalu Kemloko 2. Terakhir adalah Kemloko 3. 

Kemloko 1 dikenal sebagai tembakau yang memiliki kualitas terbaik dan tertinggi di antara Kemloko yang lain. Namun jenis 1 ini dikenal memiliki kekurangan yang tidak disukai oleh petani. Yaitu, rawan terhadap serangan jamur. Bagi petani, serangan jamur adalah malapetaka besar. Sedangkan, mereka butuh kepastian hasil dari tanaman mereka. Jadi wajar, meski hasilnya bagus, sedikit petani menanam jenis Kemloko 1 ini.

Nah para petani menyukai menanam tembakau Kemloko 2. Alasannya sangat rasional, pertama adalah bibit yang murah dan mudah didapat di lingkungan sekitar. Kedua, adalah varietas ini memiliki daya tahan yang kuat terhadap serangan jamur dan penyakit tembakau umumnya. Ketiga, adanya kepastian hasil ketika menanam Kemloko 2 ini. Jarang sekali petani dikecewakan oleh Kemloko 2, karena daya tahan dan kekuatan adaptasi dengan lingkungan dan penyakit ini.

tembakau kemloko temanggung

Nah Kemloko 3 adalah tembakau yang dianggap ideal oleh para petani. Tembakau Kemloko 3 adalah hasil persilangan sempurna tembakau Kemloko 1 dan tembakau Virginia. Hasilnya persilangan ini memiliki kualitas unggul melampaui kualitas tembakau Kemloko 1 dan Kemloko 2. 

Meski begitu, favorit sepanjang masa petani Temanggung adalah Kemloko 2, selain daya tahan terhadap serangan jamur dan penyakit tembakau, Kemloko 2 ini cukup mudah perawatannya. Ada kebanggann tersendiri ketika menanam tembakau asli varietas Temanggung ini. Terlebih, hanya dengan asupan pupuk kandang, Kemloko 2 ini bisa memberikan hasil memuaskan bagi petani.

Tembakau Kemloko 1, 2, dan 3 ini memiliki kualitas rendah A. Dan kualitas tertinggi G, H dan I. Kualitas ini menentukan harga jual tembakau Kemloko. Misalnya tembakau kualitas A bisa berharga 20,000 rupiah per kilo. Tembakau kualitas I bisa seharga 200,000 per kilo. 

Persoalan harga ini bisa dibilang sangat relatif. Berubah sewaktu-waktu, tergantung nilai tawar petani terhadap tengkulak, gudang tembakau dan pabrik. Mereka bertiga berkuasa menentukan jadwal pembelian dan harga tembakau yang dimiliki petani. Tanpa campur tangan pemerintah kabupaten, dan kemampuan akses petani langsung ke pasar. Biasanya, harga tembakau hancur, suka-suka  tengkulak, gudang tembakau dan pabrik.

Secara teknis hasil pertanian, kualitas tembakau ditentukan, oleh kualitas tembakau, dengan cirinya masing-masing. Ciri tembakau kualitas A dari tembakau Kemloko 1, 2 dan 3 biasanya memiliki warna tembakau hijau. Sedangkan kualitas B, memiliki ciri warna daun hijau dan kuning. Lantas, kualitas C memiliki ciri kualitas daun tembakau kuning emas. Kualitas D memiliki daun merah dan kuning. Kualitas E memiliki daun warna merah dan hitam. Kualitas F memiliki daun tembakau warna hitam. Kualitas tertinggi dan harga terbaik dimiliki G, H dan I yang memiliki ciri daun tembakau berwarna hitam mengkilap. Intinya semakin tinggi kualitas aroma dan warnanya, maka semakin tinggi kelas dan harganya. 

Daun tembakau dengan kelas A atau tertentu dengan kualitas perawatan tertentu bisa pula berubah menjadi kualitas lebih tinggi. Sebaliknya, daun dengan kualitas bagus, bisa jatuh kualitas jika salah urus. 

Demikian, ulasan Tembakau Kemloko. Semoga bermanfaat.