Daerah Penghasil Tembakau Terbesar di Indonesia

daerah penghasil tembakau

Indonesia merupakan salah satu produsen tembakau terbesar di dunia. Daerah-daerah tertentu di Indonesia dikenal sebagai penghasil tembakau terbanyak. Berikut ini adalah beberapa daerah penghasil tembakau terbesar di Indonesia.

Jawa Timur

Jawa Timur merupakan daerah penghasil tembakau terbesar di Indonesia. Sekitar 60% produksi tembakau di Indonesia berasal dari Jawa Timur. Beberapa daerah di Jawa Timur yang terkenal sebagai penghasil tembakau antara lain Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo. Tembakau yang dihasilkan di Jawa Timur umumnya digunakan untuk produksi kretek atau rokok khas Indonesia.

Jawa Tengah

Jawa Tengah juga merupakan daerah penghasil tembakau yang cukup besar di Indonesia. Beberapa daerah di Jawa Tengah yang terkenal sebagai penghasil tembakau antara lain Temanggung, Boyolali, dan Magelang. Tembakau yang dihasilkan di Jawa Tengah umumnya digunakan untuk produksi rokok kretek dan cerutu.

Sumatera Utara

Sumatera Utara juga merupakan daerah penghasil tembakau yang cukup besar di Indonesia. Beberapa daerah di Sumatera Utara yang terkenal sebagai penghasil tembakau antara lain Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Simalungun, dan Kabupaten Toba Samosir. Tembakau yang dihasilkan di Sumatera Utara umumnya digunakan untuk produksi rokok kretek dan sigaret.

Bali

Bali juga merupakan daerah penghasil tembakau yang cukup besar di Indonesia. Tembakau yang dihasilkan di Bali umumnya digunakan untuk produksi cerutu dan rokok kretek. Beberapa daerah di Bali yang terkenal sebagai penghasil tembakau antara lain Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Buleleng.

Lombok

Lombok merupakan salah satu daerah penghasil tembakau terbesar di Indonesia. Tembakau yang dihasilkan di Lombok umumnya digunakan untuk produksi cerutu dan rokok kretek. Beberapa daerah di Lombok yang terkenal sebagai penghasil tembakau antara lain Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Timur, dan Kabupaten Lombok Tengah.

Kesimpulan

Indonesia merupakan salah satu produsen tembakau terbesar di dunia. Beberapa daerah di Indonesia dikenal sebagai penghasil tembakau terbanyak, antara lain Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Bali, dan Lombok. Tembakau yang dihasilkan di daerah-daerah tersebut umumnya digunakan untuk produksi kretek, cerutu, dan rokok sigaret.

 

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun