rokok aerox dan pajero
OPINI

Rokok Ilegal Aerox dan Pajero Viral Tapi Tak Bisa Ditindak

Rokok ilegal Aerox dan Pajero membanjiri pasar rokok di Indonesia. Kedua merek ini bebas beredar seperti rokok pada umumnya.

Maraknya peredaran rokok ilegal memang membuat semua orang geleng-geleng kepala. Bayangkan saja rokok tanpa cukai kok bisa-bisanya dipasarkan dan tersebar secara luas di pasaran. Sialnya para produsen rokok ilegal ini tahu bagaimana cara memanfaatkan peluang yang ada.

Ada yang memanfaatkannya dengan menggunakan kemasan yang menyamai produk brand besar. Ada pula yang menarik simpati lewat nama-nama aneh agar dapat perhatian. Tak heran jika rokok Aerox dan Pajero viral dan sempat ramai jadi bahan perbincangan  banyak orang.

Rokok-rokok ilegal gampang memang sekarang mudah ditemukan di warung-warung. Dengan harga murah meriah rokok-rokok ilegal ini kemudian diminati dan bisa dengan mudah dapat tempat di masyarakat. Permintaan besar otomatis produksinya juga besar. 

Rasanya kita perlu mempertanyakan apa sebenarnya langkah konkrit dari para pemangku kebijakan terkait ini. Karena kebijakan terkait rokok berupa kenaikan cukai ini lah yang jadi biang keladi kenapa rokok macam Pajero dan Aerox bisa berkeliaran secara luas.

Sampai sekarang jika kalian cari di mesin pencarian, rokok Aerox dan Pajero ini bisa dengan mudah ditemukan. Bahkan dijual di e-commerce dan bisa dibeli secara online. Ini tentu saja jadi bukti jika Pemerintah tidak bisa menindak produk-produk rokok ilegal.

Para pemangku jabatan ini seperti cuma ingin menjadikan perokok sebagai sumber andalan pendapatan negara. Giliran kebijakannya membuat rokok ilegal marak, mereka malah tak punya langkah yang jelas dan malah tak becus. Dari tahun ke tahun peredarannya tak pernah bisa diberantas secara tuntas.

Razia-razia yang dilakukan Bea Cukai diberbagai daerah pada kenyataannya tak membuat rokok non cukai surut. Sosialisasi ke sana-sini yang mereka lakukan pun seperti tidak efektif. Sederhananya mereka cuma bisa bikin regulasi tapi tak bisa mencari solusi ketika kebijakannya menuai konsekuensi.

Masalah yang muncul ini tentu saja membuat banyak orang curiga. Apa jangan-jangan ada oknum dari Bea Cukai yang bermain dibalik peredaran rokok ilegal? Ini memang cuma asumsi belaka, tapi siapa tahu memang benar ada. Toh ada banyak kasus kriminalitas yang terjadi dan dipelihara karena ada pihak yang melindungi.

Terlepas dari ada oknum yang terlibat atau tidak, garis besar masalah yang setiap tahun terjadi jelas jadi bukti ketidakbecusan pemerintah menangani masalah. Makanya penting bagi kita sebagai perokok untuk punya kesadaran terkait rokok ilegal ini.

Salah satu ciri perokok santun adalah menghindari membeli rokok ilegal. Sebab jika terus mengkonsumsi rokok non-cukai, ada banyak pabrik rokok kecil yang gulung tikar. Lagipula ada banyak kok rokok murah 2023 yang legal dan punya rasa lumayan.

Jadi untuk kalian para kretekus, jangan lagi beli Aerox dan Pajero dalam bentuk rokok ya. Jika memang kantung tipis lebih baik pilih rokok alternatif atau kalau mau kita tingwe aja sekalian. Sebab dengan cara ini kita bisa berbangga meski dianggap negara mengkonsumsi ‘barang’ berbahaya.