logo boleh merokok putih 2

Tata Krama Merokok ala Perokok Santun

perokok santun

Jangan sebut dirimu sebagai seorang perokok santun apabila tidak memperhatikan dan menjalankan tata krama merokok berikut ini:  

  1. Merokoklah karena tubuh anda membutuhkan asupan nikotin

Jangan sekali-kali merokok untuk sekedar bergaya, biar kelihatan lebih laki. Tetapi lakukan aktivitas merokok ketika tubuh anda memang membutuhkan nikotin, setelah makan, ketika mulut asam, atau sebagai teman minum kopi. 

  1. Merokoklah di ruang yang disediakan

Sekarang, telah ada tempat umum yang menyediakan smoking area, maka gunakanlah. Toh, tidak ada bedanya merokok di ruang X dan Ruang Y karena yang dihisap asap hasil pembakaran tembakaunya. 

  1. Ciptakan No Smoking Area sendiri

Walaupun PP Nomor 109 Tahun 2012 telah diwajibkan bahwa setiap tempat umum memiliki smoking area, tapi implementasinya tidak 100 persen tempat umum menyediakan smoking area. Karena itu, anda perlu membuat batasan sendiri di ruang dan keadaan seperti apa merokok. Kalau saya, dipastikan tidak merokok di angkutan umum dan di tempat yang ada anak kecilnya. 

  1. Kenali gelagat orang di sekitar

Bila anda merokok, dan di sebalah anda ada yang tidak suka. Maka menyingkirlah, jangan menunggu untuk ditegur dengan entah menutup hidung, batuk-batuk sambil merengut. Prinsipnya, hormati orang lain maka anda akan dihormati. 

  1. Jangan meniupkan asap rokok ke wajah orang

Kadang, ada saat orang baik-baik di dekat orang yang merokok, tetapi ya jangan sampai malah asap rokok hembuskan ke arahnya, apalagi ke wajahnya. 

  1. Pastikan barang api benar-benar mati sebelum membuangnya

Kalau ini, supaya tidak terjadi kebakaran akibat puntung rokok yang anda hisap. Senantiasalah mematikan rokok sampai benar-benar mati, lalu buanglah di tempat sampah.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Penulis