Tiga Musisi Top Penikmat Rokok

Lagu ‘Smoke on the Water’ bikinan band Deep Purple yang masuk dalam album Machine Head keluaran 1972 bisa dikatakan menjadi salah satu lagu terbaik yang memasukan unsur rokok didalamnya. Tembang yang mulai direkam sejak 1971 itu kemudian dinyanyikan ulang oleh berbagai band kenamaan seperti Black Sabbath pada 1983 bahkan hingga hari ini oleh musisi cantik bernama Luna Lee.

‘Smoke on the Water’ memang membuktikan bahwa musik dan rokok memang ibarat sebuah kekasih mesra. Kehadirannya di tengah bahtera musik menghadirkan kemeriahan tersendiri di dalamnya. Jika di dunia olahraga ada larangan bagi para atlet untuk tidak menikmati produk tembakau, maka di musik adalah sebaliknya.

Bacaan Lainnya

Dalam sebuah konser misalnya, tak ada larangan atau aturan yang meribetkan para musisi atau penikmat musik untuk menghisap sebatang rokok. Kehadiran rokok bahkan memberi jalan kepada sang musisi untuk mengekspresikan karya seninya secara kaffah, begitu pula dengan para penikmat karya mereka.

Penasaran dengan siapa saja para musisi yang juga menjadi seorang perokok? Ini beberapa diantaranya:

Mac DeMarco

Sangking cintanya Mac DeMarco kepada rokok, musisi asal Kanada tersebut sampai membuat sebuah lagu dengan unsur rokok. Lagu tersebut diberi judul ‘Ode to Viceroy’ yang dirilis pada 2012 silam dan masuk dalam album bertajuk 2. Melalui platform youtube, lagu tersebut kini sudah dinikmati oleh 16 juta lebih penonton.

Lewat wawancara dengan salah majalah remaja Provoke, Mac DeMarco menyebutkan bahwa ia membuat lagu tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada rokok dengan rasa terburuk di Kanada yaitu, Viceroy. Pria yang memiliki kekasih bernama Kiera McNally itu mengaku bahwa Viceroy menjadi penyelamat baginya saat masih memiliki ekonomi yang rendah sebelum sesukses sekarang ini.

Bob Dylan

Berbicara tentang musisi yang merokok, tak lengkap rasanya jika tak menyebut satu nama top yaitu Bob Dylan. Ia bukan pemberi rayuan maut sambil mengendarai motor Honda CB Glatik yang kemudian kisahnya difilmkan serta sukses di tanah air, ia adalah salah satu musisi folk rock hebat yang lahir di Minnesota, Amerika Serikat.

Di Google, Tak sulit mencari gambar Bob Dylan dengan sebatang rokok di tangan. Tak hanya saat manggung saja pria yang terkenal dengan lagu ‘Blowin in the Wind’ itu menghisap rokok, saat sesi konferensi pers ia juga tak malu-malu menunjukkan kegemarannya itu di depan publik.

Kebiasaan Bob Dylan tersebut diakui oleh penuturan seorang Wartawan Amerika, Edna Gundersen. Wanita yang pernah bekerja untuk media USA Today itu menyebutkan bahwa Bob Dylan sebagai sosok yang ramah dengan kebiasaan menghisap rokok serta menyeruput kopi di waktu santai.

Danilla Riyadi

Musisi folk tanah air, Jason Ranti dan Penyiar radio Hard Rock FM menyebut Danilla Riyadi sebagai seorang bintang baru dalam musik tanah air. Seorang perempuan berkharisma, dengan suara berkarakter, aksi panggungnya juga kerap nyentrik, dan juga punya kebiasaan merokok baik di panggung atau di kala senggang.

Danilla Riyadi menjadi pendobrak stigma wanita dalam industri musik. Jika sebelumnya sosok Raisa menjadi pandangan utuh bagaimana karier musisi wanita di tanah air, maka Danilla Riyadi adalah sebaliknya. Wanita yang mulai dikenal lewat tembang Jauh di Sana itu bak Studio Ghibli bagi Disney dalam dunia industri animasi di dunia.

Meski punya ciri khas yang berbeda, Danilla Riyadi justru juga banyak penggemar. Jawa Pos menyebutkan Danilla Riyadi mengakui bahwa kegemarannya dalam merokok itu memudahkannya untuk menghilangkan kegugupan serta menghayati tiap tembang yang dia bawa saat tampil di atas panggung.

 

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

Pos terkait