Mari Mengenal Jenis-Jenis Kretek

Kita masih sering salah kaprah memaknai kretek seutuhnya. Seringkali masyarakat luas masih menganggap kretek hanyalah kretek tanpa filter/kretek tangan. Kretek itu hanyalah Djarum Coklat, Dji Sam Soe atau sejenisnya. Sementara Djarum Super, Gudang Garam Filter, A mild atau sejenisnya bukanlah kretek. Padahal kretek terbagi menjadi 3 jenis, yakni Kretek Tangan (KT), Kretek Tangan Filter (KTF), dan Kretek Mesin (KM).

Pertama-tama kita harus membedah terlebih dahulu apa itu kretek. Berdasarkan Badan Standarisasi Nasional (BSN) dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) dijabarkan kretek merupakan campuran tembakau rajangan, krosok rajang, cengkeh rajang dan tambahan bahan-bahan perisa yang menghasilkan campuran beraroma khas dilinting dengan berbagai bahan pembungkus (ambri/papir/tipping) dengan pendukung (lem) dengan atau tanpa filter.

Bacaan Lainnya

Tapi kalau mau disederhanakan, kretek adalah olahan tembakau dan cengkeh dengan atau tanpa filter.

Selanjutnya mari kita bedah satu-persatu jenis-jenis kretek:

1. Kretek Tangan

Kretek Tangan adalah kretek berbentuk konus (kerucut) yang dibuat secara manual dengan alat giling kretek tradisional yang bahannya menggunakan campuran kretek dari ujung bakar sampai ujung hisap.

Dalam jenis kretek tangan ini, ada hal penting yang perlu diperhatikan dalam membedakannya dengan jenis kretek tangan filter dan kretek mesin. Selain soal tanpa filter, kretek tangan berbeda dengan kretek mesin dari segi bentuk. Kretek tangan memiliki bentuk konus atau kerucut.

Perhatikan detail bentuk kretek tangan. Ujung bakarnya lebih besar mengerucut kecil hingga ujung hisapnya. Sementara itu kretek mesin memiliki bentuk silindris (berbentuk silinder).

Baca: Mengapa Kita Harus PEduli dengan Nasib Sigaret Kretek Tangan?

2. Kretek Tangan Filter

Kretek Tangan Filter adalah kretek berbentuk silindris yang dibuat secara manual dengan alat giling tradisional yang bahannya menggunakan campuran kretek dan menggunakan filter.

Perbedaan kretek tangan filter dengan kretek tangan terdapat pada penggunaan filter di dalamnya, meskipun dalam proses pembuatannya masih sama dengan kretek tangan, yakni dibuat secara manual (dilinting manusia) dengan alat giling tradisional. Selain itu dalam hal bentuk, kretek tangan filter bentuknya bukanlah konus, melainkan berbentuk silindris, sama seperti kretek mesin.

Produk kretek tangan filter sulit ditemukan di pasaran, karena hanya beberapa perusahaan rokok skala kecil yang masih memproduksinya dan tidak diproduksi dalam jumlah besar.

Baca: Perbedaan Bahan Baku Rokok Kretek dan Elektrik

3. Kretek Mesin

Kretek Mesin adalah kretek berbentuk silindris yang dibuat dengan mesin dan menggunakan filter yang bahannya menggunakan campuran kretek.

Kretek mesin sendiri merupakan sebuah fase inovasi dalam sejarah perkembangan kretek. Sebelum era 1970-an masyarakat masih menikmati produk-produk kretek tangan, kala itu pasar konsumen kretek tangan terus meningkat setiap tahunnya, sehingga membuat perusahaan-perusahaan kretek kewalahan dengan meningkatnya permintaan pasar.

Pada tahun 1968 PT Bentoel memesan mesin pembuat sigaret buatan pabrik Molin dari Inggris yang dimodifikasi untuk membuat kretek mesin. Inisiatif PT Bentoel untuk memodifikasi kretek disebabkan kesulitan perusahaan dalam mengejar produksi karena sulit merekrut tenaga kerja untuk melinting kretek tangan.

Dalam perkembangannya, kretek mesin digolongkan menjadi 2 jenis, yakni kretek mesin full flavor (reguler) dan kretek mesin LTLN (Low Tar Low Nikotin). Istilah Penggolongan ini dibuat oleh para marketing perusahaan kretek untuk dapat membedakan jenis kretek mesin di pasaran.

a. Kretek Mesin Full Flavor (Reguler)

Kretek mesin full flavor adalah kretek mesin yang dalam proses pembuatannya ditambahkan aroma rasa yang khas dengan tarikan yang lebih berat dan kadar tar dan nikotin lebih besar dibanding LTLN.

Contoh: Djarum Super, GG Filter, Magnum, dll

b. Kretek Mesin LTLN (Low Tar Low Nikotin)

Kretek mesin LTLN adalah kretek mesin yang dikenal dipasaran sebagai rokok mild. Istilah ini diperuntukkan bagi jenis rokok kretek mesin yang kadar tar dan nikotinnya dibawah rata-rata atau kurang dari 3mg.

Angka tarnya biasa belasan mg, sedangkan nikotinnya paling banyak hanya 1mg atau lebih namun tidak sampai 2mg.

Contoh: A Mild, LA Mild, Class Mild, dll

Penjelasan di atas mengenai kretek dan jenis-jenisnya dapat menjadi khazanah pengetahuan kita mengenai kretek. Jika anda sudah membaca tulisan ini, maka seharusnya sudah tidak ada lagi pernyataan-pernyataan bahwa kretek hanyalah kretek tangan tanpa filter saja. Apalagi pertanyaan apakah rokok semacam Marlboro, Camel, Lucky Strike, dan rokok putih sejenisnya termasuk dalam jenis kretek?

Tentunya bukan. Rokok putih ya rokok putih, kretek ya kretek. Karena kretek bukanlah rokok.

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

Pos terkait