Beasiswa KNPK

Kabar Terkini dari Program Beasiswa KNPK Temanggung

beswan knpk

Sudah cukup lama situsweb ini tidak menurunkan tulisan terkait program beasiswa yang kami selenggarakan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Program beasiswa dengan peserta anak-anak petani dan buruh tani tembakau usia sekolah SMA/SMK. Beasiswa ini meliputi pembiayaan mulai dari pendaftaran masuk SMK hingga lulus SMK tiga tahun berikutnya. Selain biaya pokok berupa pendaftaran dan SPP, beberapa biaya lain semisal biaya pembelian buku, study tour, biaya magang, biaya seragam, dan juga uang saku harian juga didapat para penerima beasiswa. Program beasiswa ini kami beri nama Beasiswa Komite Nasional Pelestarian Kretek (KNPK) Temanggung.

Sebelum saya bercerita tentang perkembangan program Beasiswa KNPK Temanggung, saya akan sedikit menyinggung tentang sebuah wadah bernama KNPK. KNPK, merupakan sebuah komite yang fungsi utamanya adalah mengadvokasi regulasi-regulasi terkait Industri Hasil Tembakau (IHT). Bersama stakeholder pertembakauan lainnya, kami bekerjasama mengawal regulasi-regulasi terkait IHT. 

Baca: Perkembangan Program Beasiswa KNPK di Temanggung

Selain itu KNPK juga menjalankan program-program penelitian terkait pertanian tembakau dan cengkeh yang hasil penelitiannya terkadang didistribusikan dalam bentuk buku dan atau di situsweb bolehmerokokdotcom ini. Selanjutnya, kerja tim KNPK adalah mengelola situsweb bolehmerokokdotcom dan akun-akun media sosial Boleh Merokok. Program Beasiswa KNPK Temanggung merupakan program teranyar yang sudah berjalan selama empat tahun.

Sudah ada tiga angkatan penerima Beasiswa KNPK, tahun depan, angkatan keempat akan bergabung di tahun ajaran baru. Sekitar 70 hingga 100 anak setiap tahunnya akan bergabung dalam program ini hingga mereka lulus SMK kelak. Proses penjaringan anak-anak petani dan buruh tani tembakau yang layak dan berhak menerima Beasiswa KNPK, berlangsung cukup panjang. Biasanya penjaringan dimulai sejak bulan Januari setiap tahunya dan berakhir di bulan Juni.

Tahap-tahap penjaringan itu dimulai dari proses sosialisasi keberadaan program beasiswa kepada petani-petani dan buruh tani tembakau di 14 kecamatan di Kabupaten Temanggung. Proses sosialisasi ini dilakukan di gudang-gudang penampung tembakau bersamaan dengan penyuluhan pertanian tembakau yang diberikan pihak gudang kepada petani-petani yang menyetor tembakau ke gudang tersebut. Sosialisasi juga dilakukan ke desa-desa di 14 kecamatan dengan cara menyebarkan poster-poster pengumuman program beasiswa. Yang terakhir, sosialisasi program beasiswa KNPK ini juga disosialisasikan di sekolah-sekolah SMP yang tersebar di beberapa tempat di Temanggung dengan prioritas utama sekolah-sekolah yang terletak di lereng pegunungan di Temanggung.

Proses sosialisasi ini berlangsung sepanjang sebulan penuh, mulai awal Januari hingga awal atau pertengahan Februari.

Setelah sosialisasi, proses selanjutnya adalah pendaftaran. Anak-anak petani dan buruh tani yang tertarik mengikuti program beasiswa mengambil lembar pendaftaran di kantor Beasiswa KNPK Temanggung, mengisinya di rumah, lantas mengembalikan lembar pendaftaran ke kantor untuk kemudian diwawancara. Proses ini juga berjalan sepanjang sebulan penuh. Jika lolos proses wawancara, para pendaftar berhak mengikuti tes tertulis sebagai tahapan seleksi selanjutnya.

Tes tertulis biasanya diselenggarakan sepekan setelah Ujian Nasional untuk anak-anak SMP usai. Hanya sehari dari pagi hingga siang dengan materi-materi uji meliputi mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Tahun lalu, ada sekira 600an anak yang mengikuti tes tertulis ini.

Kurang dari sepekan, nilai tes tertulis sudah bisa kami dapat. Selanjutnya kami memilih 100 anak dengan nilai terbaik dan beberapa anak lagi sebagai cadangan. Kami harus memverifikasi 100 anak dengan nilai terbaik itu dengan cara mendatangi rumahnya satu persatu. Tujuan utama verifikasi ini adalah untuk memastikan apakah anak calon penerima beasiswa benar-benar anak dari petani atau buruh tani tembakau. Karena jika bukan, sudah bisa dipastikan mereka akan gugur meskipun nilai tes mereka baik.  

Baca: Sinergitas Pertanian Tembakau dengan Kondisi Alam

Proses panjang penjaringan penerima Beasiswa KNPK Temanggung ini berakhir dengan pengumuman penerima beasiswa dilanjutkan pertemuan antara pihak KNPK dengan para penerima beasiswa bersama orang tua mereka. Ini berlangsung pada tengah tahun, antara bulan Mei hingga Juni, sesaat sebelum anak-anak penerima beasiswa memulai sekolah di SMK pilihan mereka masing-masing.

Sekira dua pekan lalu, tim KNPK dari Temanggung, Yogya, dan Jakarta berkumpul di Temanggung untuk menyusun jadwal panjang proses penjaringan Program Beasiswa KNPK Temanggung ini. Dan mulai awal bulan depan, kami akan memulai proses penjaringan ini. Bertemu dengan banyak manusia lagi yang mayoritasnya bergelut di dunia pertembakauan, dan bonusnya, bisa belajar banyak lagi dari para petani dan buruh tani tembakau terkait banyak hal di dunia pertembakauan di Temanggung.

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun
mm
Pecinta kretek, saat ini aktif di Sokola Rimba, Ketua Jaringan Relawan Indonesia untuk Keadilan (JARIK)

You may also like

Comments are closed.