Lima Negara yang Memanjakan Orang Merokok

negara memanjakan merokok

Lima negara berikut ini adalah syurga orang-orang merokok.

Bagi sebagian orang, rokok menjadi bagian dari keseharian. Seperti kata pepatah “Ada gula ada semut,” begitu pula dengan orang merokok, ada korek api ada sebungkus rokok, tak lupa secangkir kopi sebagai pelengkap. 

Bacaan Lainnya

Sajian wajib tersebut mungkin hanya ada di Indonesia. Di Jawa misalnya, kebanyakan masyarakat menjadikan rokok sebagai pencuci mulut yang wajib dinikmati setelah makan. Bagi orang merokok lainnya, rokok tidak bisa dipisahkan ketika menjalani hari-hari suntuk, bercengkrama dengan kerabat, sanak saudara, rekan atau sekadar menikmati waktu luang seorang diri. Di masyarakat lainnya, rokok dan tembakau tidak bisa dipisahkan dari tradisi leluhur. 

Namun demikian, Indonesia bukan satu-satunya negara yang memanjakan orang merokok. Berikut lima negara yang menjadi surga bagi para perokok

Serbia

Serbia menjadi negara yang memanjakan orang merokok pertama yang mencatatkan sebagai pengkonsumsi rokok terbanyak. Tercatat, sebanyak 2.861 batang rokok yang dihabiskan setiap tahunnya per orang. 

Bulgaria

Negara yang berada di kawasan Eropa Timur ini menjadi surga orang merokok kedua setelah Serbia. Tercatat, sebanyak 2.822 rokok dihabiskan setiap orang per tahunnya di negara ini. 

Yunani

Dari total populasi sebesar 10,7 juta penduduk Yunani, 44 Persen di antaranya menghembuskan asap rokok secara rutin. Tercatat, di negeri para filsuf itu setiap orang menghabiskan 2.795 per tahunnya. 

Rusia

Layaknya Indonesia, Rusia sebagai negara dengan populasi masyarakat banyak juga tercatat sebagai negara dengan orang merokok terbanyak Sebanyak 2.786 batang rokok dihabiskan setiap orang Rusia setiap tahunnya.

Ukraina

Negara pecahan Uni Soviet ini menjadi negara kelima dari jumlah orang merokok terbanyak. Jika ditotal, setiap orang dalam setahunnya menghabiskan 2.401 batang.

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

Pos terkait