Tembakau Rasa: Wangi, Harum dan Memesona

tembakau rasa alternatif

Tembakau rasa adalah racikan tembakau original dari berbagai tembakau indikasi geografis di Indonesia dengan racikan rasa – rasa dari jenis buah, minuman, dan sejenisnya.

Dunia tembakau Indonesia sejak beberapa waktu lalu memang ramai tembakau dengan berbagai macam rasa. Tembakau ini adalah sebuah gebrakan baru di tengah gempuran vape rokok elektrik yang menyediakan varian rasa bagi konsumennya.

Bacaan Lainnya

Pedagang menjual tembakau ini dalam bentuk kemasan kaleng dan pouch. Bisa juga membelinya dalam bentuk eceran ons atau kilogram.

Setidaknya di pasar ada lebih dari 100 jenis rasa tembakau tembakau. Dua rasa populer biasanya buah dan minuman. Rasa yang tersedia untuk tembakau jenis ini misalnya adalah rasa nanas, manga, kopi dan seterusnya. Dalam kemasan biasa tertulis rasa seperti Vanila, Whiskey, Mangga Black Ice, Bubble Gum, Anggur Merah, Bubble Gum, Apple Ice, Grape Ice, Rainbow Fruits, Soju, Coffee. 

Hadirnya rasa-rasa itu seolah sedang bersaing ketat dengan varian rasa vape rokok elektrik yang sudah terlebih dahulu populer dengan ratusan rasa. Memang inovasi tembakau rasa ini diakui oleh beberapa produsen sebagai inovasi untuk menyasar perokok baru dan pengguna vape. 

Perokok baru dan pengguna vape ini memang diluar pasar rokok lintingan yang sudah terbentuk mapan. Perokok lintingan cenderung fanatik dengan tembakau indikasi geografis seperti Tembakau Gayo. Atau fanatik dengan tembakau dengan rasa pabrikan rokok arus utama, misalnya tembakau dengan rasa Djarum Super.

tembakau rasa

Tembakau Rasa Mengambil Atensi Pasar

Inovasi tembakau ini ini ternyata mendapat respon pasar yang bagus. Pasar rokok lintingan menjadi lebih luas. Tidak hanya mereka yang lari dari mahalnya harga rokok, yang naik dari tahun ke tahun. Tapi juga para anak muda yang berkantong tipis dan cenderung suka eksplorasi rasa. Mereka tetap bisa menikmati rokok tembakau original dengan varian rasa yang kaya macam pengguna vape rokok elektrik.

Pengakuan retail tembakau eceran di berbagai daerah menyatakan, para pembeli tembakau dengan varian rasa ini pada mulanya adalah mereka yang penasaran dengan varian rasa yang ada. “Mereka ingin mencoba hal dan rasa baru, Apalagi harga tembakau ini ini terjangkau. Ya, konsumen  jadi banyak pilihan” terang mereka.  

Hadirnya tembakau dengan rasa ini juga berhasil menghapus stigma buruk rokok dengan bau menyengat, nyegrak, apek, dan bau tidak enak. Jadi wajar banyak konsumen baru memilih dan beralih ke tembakau rasa karena inovasi rasa dan bau yang lebih ramah bagi lingkungan yang dari tahun ke tahun sangat tidak ramah bagi perokok. Dari sisi produk sendiri, para perokok tidak kehilangan cita rasa tembakau original namun tetap bisa menikmati varian rasa yang tidak terbatas.

Bagi produsen tembakau, inovasi rasa tembakau rasa ini sebagai produksi tembakau kekinian untuk menarik animo masyarakat lebih luas lagi. Jadi tidak hanya dalam penyajian rasa, tetapi juga inovasi dalam bentuk kemasan dan sekaligus inovasi warung retail yang menyediakan jenis tembakau rasa. 

Dan tahukah Anda, tembakau dengan rasa yang terkenal di kalangan konsumen itu adalah rasa Amer, Anggur Merah. Berani coba tembakau rasa? Kuy, beli di kelontong tembakau eceran di kotamu.

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

Pos terkait