tembakau kayumas
Tingwe

Tembakau Kayumas, Harum dan Tarikannya Ringan

Tembakau kayumas merupakan salah satu andalan Situbondo. Tembakau ini sudah dikenal luas bagi kalangan penikmat tingwe. Di lapak-lapak penjual tembakau di pasar sekitaran Jawa Timur, tembakau ini selalu menjadi primadona. 

Belakangan ini penikmat tingwe melonjak drastis akibat kenaikan tarif cukai atas produk bermerek. Penikmat tembakau kayumas pun ikut terkerek naik. 

Bila kamu naik ke wilayah Kayu Mas, maka akan mendapati lahan yang ekstrem di daerah yang masuk Kecamatan Arjasa, Situbondo ini. 

Mulanya akan terlihat pegunungan tandus dan pohon-pohon jati, namun semakin tinggi dan mendekati Kayu Mas ada suasana yang berbeda. Tanah yang subur. 

tembakau kayumanis nikmat

Di tanah yang berbatu itu petani menanam tembakau ini. Sedangkan di lahan yang subur masyarakat sana memilih untuk menanam cengkeh atau kopi. 

Kekayaan alam yang lengkap kan? 

Karakteristik tembakau kayumas memiliki aroma yang harum, tidak nyegrak, dan tarikannya ringan. Rasa tersebut membuat tembakau kayumas menjadi pilihan bagi penikmat tingwe yang ingin menghisap tembakau dengan kualitas bagus namun harga terjangkau. 

Harga per kilogram tembakau kayumas di petani hanya berkisar Rp50 ribu s.d. 150 ribu. 

Namun, tingginya permintaan tembakau dari Situbondo ini tidak serta membuat para petani bisa meningkatkan produksi. Terlebih 3 tahun ke belakangan musim tanam tembakau selalu bersamaan dengan hujan. 

Hal ini membuat petani tembakau tidak bisa menghasilkan tembakau kayumas dengan kualitas terbaiknya.

Tembakau Kayumas Cocok untuk Tingwe Pemula

tembakau kayumas situbondo

Tembakau satu ini, memiliki aroma yang harum, tidak nyegrak dan tarikannya ringan. Karena itulah, tembakau ini cocok sekali untuk para perokok yang ingin memulai beralih ke tingwe.

Tidak perlu takut batuk ketika mengisap tembakau ini. Tembakau ini tidak akan membuat batuk dan tersedak. Isapannya juga tidak terlalu bikin pipi kempong seperti rokok Dji Sam Soe Elite yang baru saja keluar bulan-bulan lalu.

Dibanding dengan varietas tembakau lainnya, tembakau satu ini adalah pilihan terbaik para tingwe pemula untuk memenuhi hasrat ngebulnya. Tentu saja harganya juga tidak membuat kantong makin bolong.

Untuk membeli tembakau ini, Sobat Kretekus bisa membelinya melalui marketplace. Coba saja dulu, kalo tidak cocok ya cari rekomendasi tembakau lain di laman ini.