lem papir tingwe
Tingwe

Rekomendasi Lem Papir yang Cocok Digunakan Balatingwe

Penggunaan lem kertas sebagai perekat papir tingwe belakangan mulai populer. Semakin menjamurnya balatingwe khususnya kaum milenial menjadikan lem papir sebagai barang baru yang keberadaannya nyaris jadi keharusan. Fenomena ini beriringan dengan munculnya alat linting rokok mekanik yang secara fungsi memang membutuhkan tambahan perekat. 

Beda halnya dengan cara ngelinting rokok konvensional, penggunaan alat linting mekanik hampir mustahil kiranya kalau hanya pakai air liur sebagai perekat. Karena secara teknis, alat tingwe ini bisa menghasilkan lintingan rokok yang bentuknya sama dengan rokok-rokok pabrikan. Diameternya sama dari ujung ke ujung. Sehingga tentu saja butuh perekat berupa lem kertas sebagai agar tembakau yang kita linting tidak ambyar. 

Tentang lem papir ini, secara prinsip yang perlu kita perhatikan baik-baik adalah soal keamanan. Karena ini untuk rokok dan hitungannya sebarang barang konsumsi, pastikan lem yang kita pakai tidak mengandung racun yang berbahaya untuk tubuh kita. Jadi pastikan di label kemasan lem tersebut harus ada keterangan non toxic atau tidak mengandung racun. 

Ada beberapa merek dagang lem papir yang secara terang menuliskan non toxic di kemasannya, seperti merek Joyko, V Tro, dan Bantex. Dua merek yang disebutnya di awal sepertinya paling sering kita jumpai di pasaran. Tapi tergantung di daerah masing-masing ya. Bisa jadi malah merek dagang lainnya yang populer di daerah kalian. 

lem papir tingwe

Setelah soal non toxic tadi, pertimbangan selanjutnya soal pilihan lem papir mungkin soal kekuatan rekatannya. Rata-rata lem papir secara kekuatan rekatan sepertinya memang tidak terlalu berbeda. Rata-rata semua merek daya rekatnya kuat dan tidak gampang lepas. Artinya soal daya rekat, saya pikir tidak jadi soal karena semua merek dagang punya daya rekat yang sama bagusnya.

Pertimbangan terakhir sebelum memutuskan membeli lem ini bisa jadi soal pengaruh pemakaian lem terhadap rasa tembakau yang kita linting. Sepengalaman saya, hampir semua merek dagang lem papir sedikit berpengaruh terhadap rasa rokok tingwe yang kita bikin. Tapi dari sekian merek yang saya sebutkan tadi, saya pribadi punya kesimpulan kalau merek V Tro punya pengaruh paling tipis terhadap rasa tembakaunya. 

Selain tiga faktor di atas, tentu kawan-kawan juga punya pertimbangan lain sebelum memilih lem. Tinggal disesuaikan saja dengan efisiensi pemakaiannya dan tentu saja soal kemudahan mendapatkannya. Cuma pesan saya tetap hati-hati. Sebisa mungkin pakai yang jelas-jelas ada tulisan non toxic-nya agar aman dikonsumsi.