Sampoerna Splash Royal
Review Rokok

Sampoerna Splash Royal: Perjudian yang Keliru dari HM Sampoerna

Belum lama ini, HM Sampoerna meluncurkan produk terbarunya yang bernama Sampoerna Splash Royal. Sebelumnya, Sampoerna sudah mengeluarkan 2 produk rokok Splash-nya yang bernama Sampoerna Splash Tropical dan Sampoerna Splash Sunny.

Untuk yang Splash Tropical mengangkat rasa semangka sedangkan untuk Splash Sunny mengangkat rasa lemon. Sejak awal, varian Splash ini merupakan terobosan baru dari HM Sampoerna untuk menambah pasar baru di sektor rokok dengan rasa buah. 

Bagian Depan Sampoerna Splash Royal

Bungkus bagian depan rokok Sampoerna Splash Royal ini terlihat identik dengan dua rokok pendahulunya. Perbedaan hanya terletak pada warna, yaitu putih menjadi warna dasar dari bungkusnya.

Sampoerna Splash Royal

Selain itu, terdapat motif ombak dengan warna ungu yang berada di bawah emblem logonya. Logo dari Sampoerna Splash ini sama dengan logo dari rokok Sampoerna yang regular. Huruf A dengan font latin dan terdapat bingkai berbentuk kotak. 

7,5 untuk Bungkus Sampoerna Splash Royal

Pada bagian sisi kanan bungkusnya terdapat tulisan 16 lasermild kretek dan  informasi mengenai kandungan tar dan nikotinnya. Tarnya 12 Mg sedangkan nikotinnya 0,8 Mg. Pada bagian sisi kiri bungkusnya terdapat larangan menjual pada anak serta perempuan hamil dan terdapat barcode. Pada sisi atas dan bawah bungkusnya terdapat logonya. Perbedaannya terdapat di bagian bawah bungkus yang mana ada nama pabrik pembuat rokok ini yaitu PT HM Sampoerna. 

sampoerna splash royal

Pada bagian belakang bungkusnya terdapat logo serta kata-kata Mutiara yang jika diartikan, kira-kira begini bunyinya “Rasakan sensasi Splash Royal yang segar dari capsulenya”. Pada informasi tersebut, kita mengetahui bahwa rokok ini juga menggunakan capsule yang berada pada bagian filternya. Seperti kedua rokok Splash sebelumnya. 

Overall, bungkusnya cukup bagus tetapi terlihat monoton. Bukan berarti jelek, hanya kurang invoasi saja. Dari dulu bungkusnya tidak ada perubahan yang signifikan. Bahkan, perbedaan dengan bungkus rokok Sampoerna yang regular itu sangat minor. Jika boleh saya kasih nilia, bungkus rokok Sampoerna Splash Royal ini 7,5/10. 

Kertas Pembungkus Batang

Jika kita buka bungkusnya, kita akan menemukan kertas untuk pembungkus batangnya. Saat ini, Sampoerna memang mengubah seluruh produknya menggunakan kertas. Hal ini menimbulkan kontroversi di konsumen karena produk rasanya berubah.

Banyak testimoni dari konsumen bahwa rasa rokok Sampoerna yang sekarang dengan yang dahulu itu sangat berbeda. Wajar, ketahanan dalam menjaga kualitas rasa pada rokok itu sangat dipengaruhi oleh pembungkusnya. 

Sebelum membakar rokoknya, alangkah baiknya kita cium aroma dari batang rokoknya terlebih dahulu. Aroma yang terasa pada rokok ini hanya tercium aroma tembakaunya saja. Aroma dari buah-buahan yang menjadi unggulan justru sama sekali tidak terasa. Berbeda dengan rokok lain yang sama-sama purple edition atau mengusung sensasi rasa buah berry.

Awal dari kekalahan Sampoerna karena produknya yang mengusung rasa buah namun aromanya saja tidak terasa. Jika dibandingkan dengan rokok Juara Jambu saja, – yang sama-sama tipis aromanya- masih wangi aroma rokok Juara Jambu. 

Rasa Rokok Sampoerna Splash Royal

Mari kita bakar rokok ini sebelum capsule-nya diklik. Tarikannya enteng namun cenderung hambar. Rasanya tidak jauh dari rokok Sampoerna Mild. Rasa gurihnya tipis, manisnya tidak terasa dan rasa spicy-nya pun hilang. Sebelum diklik, rasa dari rokok ini sangat biasa saja. Bahkan rasanya mirip dengan rasa rokok mild yang harganya di bawah 20 ribu. 

Ukuran batang Sampoerna splash Royal

Jika kita klik capsule-nya, baru mulai terasa sedikit rasa menthol dan rasa fruity-nya. Apabila kamu klik capsule-nya, rasa hambar mulai memudar. Jika kita isap dalam-dalam, kemudian kita embuskan, rasa fruity-nya langsung hilang. Tidak bertahan lama di lidah dan tenggorokan. Aftertaste-nya pun tidak meninggalkan rasa manis. 

Jika boleh saya bandingkan dengan rokok Purple Edition yang lain, saya rasa rokok Sampoerna Splash Royal ini masih di bawah rokok Win Click. Alih-alih vis a vis dengan kompetitor terdekatnya yaitu L.A Purple Boost, rokok ini jelas kalah telak. Dari segi apa pun rokok ini kalah jauh. Dari Win Clik aja sudah kalah, jangan berani-berani melawan L.A Purple Boost. 

Jika boleh saya kasih nilai untuk rasa dari rokok Sampoerna Splash Royal ini, saya akan kasih rating 6,5/10.

Harga Rokok Produk Terbaru Sampoerna

Untuk harga dari rokok Sampoerna Splash Royal ini, kamu merogoh kocek sebesar 28 ribu rupiah. Sangat kurang worth it bagi saya. Mengingat harganya itu sama dengan harga rokok Win Click. Rokok Win Click mempunyai kelebihan, yaitu isi batang yang jauh lebih banyak berjumlah 20 batang dan dengan rasa yang lebih enak tentunya.

Jika vis a vis dengan rokok L.A Purple Boost saja hanya selisih seribu rupiah. Dengan rasa yang kalah jauh, saya rasa rokok ini tidak akan bisa menyaingi kepopuleran dari rokok L.A Purple Boost. 

Meskipun begitu, HM Sampoerna merupakan pelopor rokok Low Tar Low Nicotin (LTLN) atau yang lebih akrab disebut rokok Mild. Kesuksesan itulah yang membuat HM Sampoerna kemudian berani meluncurkan produk rokok Splash. Namun sayangnya, rokok Splash Tropical dan Sunny yang hadir pada 2019 lalu kurang begitu populer. 

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana bisa HM Sampoerna mengeluarkan rokok baru untuk varian Splash? Padahal kedua rokok Splash sebelumnya saja kurang begitu laku di pasaran. Apa jangan-jangan, Sampoerna ingin berjudi dengan varian terbarunya ini?