lebaran asap rokok
OPINI

Cara Menikmati Rokok Tanpa Mengganggu Kenyamanan Lebaran

Bagaimana cara menikmati rokok tanpa mengganggu kenyamanan saat lebaran? Begini tipsnya

Idul Fitri sudah di depan mata. Sebentar lagi saatnya berkumpul dengan sanak saudara. Momen tahunan yang sangat dinantikan oleh semua orang. Tak hanya umat muslim, bahkan umat non muslim pun ikut memeriahkan hari raya Idul Fitri. Saat momen berkumpul bersama banyak aktifitas yang tercipta, seperti makan bersama, mengobrol, bersenda gurau, family games, dan juga merokok.

Beberapa anggota dari keluarga atau teman kita pasti ada yang merokok. Nah, ketika momen lebaran seperti ini, agar kamu dan saudaramu tetap bisa menikmati rokok tanpa mengganggu anggota lain yang tidak merokok simak tips-tips di bawah ini.

a. Jauhi anak kecil, ibu hamil, dan orang tua

Aturan yang pertama ini merupakan etika dari seorang perokok. Tak perlu momen lebaran untuk melaksanakannya, ketika hari biasa pun kita sudah harus sadar dengan aturan ini.

Aturan ini merupakan tips sederhana bagi kita para perokok agar kita tak perlu mengkhawatirkan lagi hal buruk yang akan menimpa golongan renta tersebut. Memang sebagai perokok kita harus menjauh dan mencari tempat lain. Sudah seharusnya para orang tua, anak kecil, dan ibu hamil tak boleh terkena paparan asap rokok.

b. Merokok di tempat yang jauh 

Maksud dari tips yang kedua ini adalah merokok di tempat yang jauh dari kerumunan. Dalam kerumunan biasanya banyak berkumpul orang dari usia kecil sampai tua atau golongan rentan. Dari pada kita bersusah diri untuk mensiasati merokok di kerumunan tersebut, lebih baik mencari tempat yang jauh.

Hal ini juga bermanfaat untuk kenikmatan merokok kita, sebab merokok dengan kondisi sirkulasi udara yang bagus juga berpengaruh. 

c. Merokok di ruangan terbuka

Sama halnya dengan tips kedua, merokok di ruangan terbuka sangat dianjurkan, karena sirkulasi udaranya lebih bagus, dan asap rokok tak berkumpul di satu ruangan saja.

Kalaupun terpaksa ingin merokok di dalam ruangan, pastikan pintu dan jendela terbuka lebar, agar asap rokok tak mengendap dan tak mengganggu orang lain yang tidak merokok di dalam satu ruangan tersebut.

d. Membawa asbak portable

Tips ke empat ini merupakan tips yang jarang diperhatikan oleh perokok. Masih banyak yang belum menyadari pentingnya membawa asbak portable ketika berpergian. Bahkan banyak perokok yang belum mengetahui apa itu asbak portable.

Asbak portable sendiri merupakan asbak yang diciptakan agar bisa dibawa ke mana-mana dengan desain ukuran yang kecil dan muat di kantong. Keberadaan asbak ini memang masih jarang, namun kamu bisa membelinya di online market.

Di momen lebaran, keberadaan asbak ini sangat penting. Terkadang ada beberapa rumah yang lupa atau tidak menyediakan asbak untuk tamu. Jika kita merokok di rumah tamu yang seperti itu, tentu asbak ini akan sangat berguna, dan kamu tak akan bingung untuk membuang sampah rokok. 

e. Tidak merokok di rumah tamu yang tidak merokok

Jika kamu ingin merokok di rumah saudara atau teman yang tidak merokok, alangkah lebih baik jika meminta izin terlebih dahulu. Tidak semua non perokok melarang tamunya untuk merokok, namun lebih baik kalau kamu bisa menikmati rokokmu tanpa rasa sungkan terhadap si pemilik rumah.

Jika kamu sudah memiliki izin itu berarti si pemilik rumah juga tidak akan merasa terganggu dengan asap rokokmu.

Nah, kamu perlu memperhatikan dan wajib melaksanakan poin-poin di atas agar kamu bisa menikmati rokok tanpa mengganggu kenyamanan orang lain.