Mengenal Tembakau Srintil Temanggung

tembakau srintil temanggung

Tembakau Srintil Temanggung adalah emas hitam yang bisa membuat petani kaya raya.

Kabupaten Temanggung yang terletak di tengah-tengah pulau Jawa dikenal sebagai penghasil tembakau bermutu kelas dunia. Salah satu tembakau khas Temanggung yang bernilai jutaan rupiah dan menjadi legenda di dunia adalah tembakau Srintil.

Bacaan Lainnya

Tidak semua wilayah di bisa ditanam jenis tembakau ini. Dibutuhkan kondisi tanah khusus dan pencahayaan matahari yang pas untuk menghasilkan kualitas Tembakau Srintil. 

Kualitas terbaik Srintil memang dikenal hanya di dua desa Lamuk dan Lamuk Legok. Namun di pelbagai dusun di sekitar Lamuk dan Lamuk Legok juga tumbuh tembakau jenis ini. Seperti di Legoksari, Tlilir, Wonosari, Losari, Pagergunung, Pagersari, Wonotirto, Banaran, Bansari, Gedegan, Kemloko serta Gandu.  

Secara etimologi sebutan Srintil bagi tembakau khas dusun Lamuk dan Lamuk Legok Temanggung ini berasal dari kata Dewi Sri Nginthil. Atau dalam Bahasa Indonesia dialihbahasakan sebagai Dewi Keberuntungan yang menyertai. 

Memang benar, Tembakau Srintil adalah keberuntungan besar bagi petani penanamnya. Harga terbaik Tembakau Srintil pernah mencapai harga setara 1-3 gram emas 24 karat. Artinya harga terbaik bisa mencapai harga 1 sampai 3 juta rupiah per kilogram. Harga terendah Tembakau Srintil pun masih berkisar ratusan ribu rupiah. Jauh diatas tembakau biasa yang berkisar antara 30 ribu rupiah per kilo hingga 100 ribu rupiah per kilo. 

Harga fantastis dari Tembakau Srintil ini tidak lepas dari aroma khasnya. Biasanya satu kilo tembakau Srintil akan di tempatkan satu tempat dengan tembakau rajangan biasa untuk mendapatkan barokah aroma dan kualitas dari Tembakau Srintil. 

Dalam industri sigaret kretek sendiri, Tembakau Srintil Temanggung digunakan sebagai campuran untuk tembakau rajangan biasa. Maklum kadar nikotin yang tinggi dan aroma khas Tembakau Srintil dibutuhkan industri rokok sigaret kretek sebagai saus alami plus penggugah rasa dalam kretek produksi mereka.

Jadi wajar saja Tembakau Srintil memiliki harga jual yang tinggi, karena sebanding dengan kualitas yang dibutuhkan pasar.

Dianggap sebagai produk pertanian paling menguntungkan bagi petani Temanggung, Tembakau Srintil diperlakukan istimewa secara kebudayaan, ritual dan perlakuan di masyarakat sehari-hari. Ritual tanam Tembakau Srintil biasanya dimulai dengan selamatan sebagai rasa syukur dan mohon keselamatan sampai datanya musim tanam dan panen lagi.

Dalam proses pengeringan, fermentasi, dan penjemuran, Tembakau Srintil Temanggung berbeda dengan tembakau biasa.  Dibutuhkan waktu ekstra lebih Panjang dan khusus untuk memperlakukan Tembakau Srintil hingga berwarna kuning busuk dan mengeluarkan bau menyengat hidung dan kepala kita.

Bau menyengat dan busuk ini diperoleh dari kandungan nikotin yang tinggi pada Tembakau Srintil. Semakin menyengat dan busuk  Tembakau Srintil maka semakin mahal pula harganya. Artinya mahal dan murah Tembakau Srintil ditentukan oleh kadar nikotin yang dikandungnya. 

Hingga saat ini, Tembakau Srintil sohor sebagai jenis tembakau termahal dan terbaik di dunia. Hal ini disebabkan varietas Tembakau Srintil tidak bisa ditanam di sembarang tempat. Memang bisa tumbuh, namun tidak akan menghasilkan kualitas yang sama apabila ditanam di daerah asli penghasil Tembakau Srintil.

Kuy, pindah ke Temanggung saja ya kita. Kita jadi petani menanam Tembakau Srintil saja. Auto kaya kita. Setuju?

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

Pos terkait