Solidaritas Tembakau ala Temanggung

solidaritas tembakau temanggung

Solidaritas tembakau ala Temanggung memang indah, seindah Wonderful Tobacco City ini.

Temanggung dan tembakau bagaimanapun adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Begitu juga Safari Dharma Raya dan Temanggung. Urusan komoditas perkebunan tembakau adalah top of mind bagi orang Temanggung yang akhir-akhir diikuti oleh kopi. 

Safari Dharma Raya atau OBL adalah salah satu PO yang sejarahnya mengiringi sejarah Temanggung hingga hari ini. Konektivitas ke Temanggung memang belum semudah ke kota-kota lain di Jawa Tengah. Apalagi dulu di era 70-an dan 80-an OBL adalah salah satu faktor penentu dari konektivitas itu. Jika tidak ada OBL orang-orang Temanggung akan susah pergi kemana-mana.

Tembakau yang terus-menerus menghadapi gempuran kampanye pengendalian global bagaimanapun juga masih menjadi salah satu andalan untuk penghidupan petani di Temanggung. Meskipun selalu dihadapkan dengan kampanye pengalihan tanaman, fluktuasi cuaca, tata niaga yang timpang, dan problem regenerasi petani eksistensi tembakau belum belum tergantikan di Temanggung. 

penjual tembakau temanggung

Dengan serangan yang bertubi-tubi terhadap tembakau di Temanggung mengundang berbagai kalangan untuk bersimpati. Urusan tembakau di Temanggung bukan hanya urusan petani atau stakeholder yang terkait secara langsung. OBL yang juga salah satu PO bersejarah di Temanggung turut bersimpati dengan urusan tembakau ini. 

Wonderful Tobacco City adalah kampanye yang tidak bisa dilihat sepele. Sebuah solidaritas kedaerahan yang acapkali tidak dihiraukan. Hidup matinya OBL tidak terkait langsung dengan hidup matinya tembakau karena kampanye pengendalian global. Hanya kepedulian sesama orang Temanggung yang memvangkitkan solidaritas itu.

Bangunan-bangunan solidaritas sekecil apapun harus diapresiasi. Sebagai sebuah bangsa solidaritas-solidaritas sekecil ini menandakan rasa kebersamaan yang masih hidup dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan toleransi sekecil apapun itu memudahkan terangkainya kerja-kerja kolaborasi yang bisa dilakukan untuk kelestarian sumber-sumber penghidupan terutama bagi yang sedang ditindas oleh kekuatan global.

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

Penikmat tembakau, teh, dan camilan yang renyah. Bapak Kretek Indonesia