logo boleh merokok putih 2

3 Momen yang Tepat untuk Merokok saat Kereta Api Berhenti

merokok kereta api

Perjalanan jarak jauh sering kali ditempuh dengan moda kereta api. Sebab, lebih nyaman dan waktu yang bisa dipastikan daripada jalur darat. Tetapi bagi yang merokok tentu harus bisa menahan diri untuk berpuasa. Tranformasi kereta api kini tidak membolehkan penumpangnya untuk merokok di kereta api. Berbeda dengan tahun-tahun lalu ketika penumpang menggunakan bordes untuk merokok. 

Kebijakan reformasi ini memang perlu mendapatkan apresiasi karena membuat kereta api jauh lebih nyaman dan waktu bisa lebih dipastikan. 

Namun, bagi para perokok yang menggunakan moda transportasi kereta api harus menahan diri untuk tidak merokok. Bibir yang kecut bagi perokok membuat mereka mencari jalan keluar agar bisa merokok. Memang sih, di kereta api tidak diperbolehkan merokok kalau di samping ketika kereta berhenti tentu tidak melanggar peraturan. 

Kesempatan ini yang biasa digunakan oleh para perokok untuk mengambil jeda perjalanan sekaligus melaksanakan hajat merokok, kebiasaan yang membuat seseorang bisa relaksasi sejenak. 

Momen Merokok saat Kereta Api Berhenti

merokok kereta api

Dok. Pribadi

Aktivitas itu dilakukan ketika kereta api melakukan pemberhentian agak lama di stasiun-stasiun tertentu, di momen-momen berikut ini:

1. Pergantian Kepala Kereta Api

Pergantian kepala kereta api dilakukan apabila kereta harus berputar arah. Karena kereta menggunakan sistem ditarik jadi tidak bisa berputar seenaknya. Jalurnya pun tidak bisa dipindah. Pergantian kepala kereta api membutuhkan waktu lama sehingga ada kesempatan bagi perokok untuk turun dan mencari tempat khusus merokok untuk melaksanakan hajat merokok. Buat yang melakukan perjalanan ke timur, stasiun Gubeng Surabaya biasanya aktivitas berpindah kepala dilakukan.

2. Saat Kereta Berpapasan

Ketika kereta api sedang berpapasan salab satu kereta mesti berhenti dulu. Biasanya di stasiun kereta api terdekat sembari menanti dan memberi kesempatan kereta lainnya untuk jalan terlebih dahulu. Kesempatan ini akan membutuhkan waktu hingga 10 menit di mana perokok bisa turun dan mengambil jeda untuk merokok.

3. Saat Perawatan Kereta Api

Di kereta api jarak jauh, manajemen kereta api membutuhkan sedikit waktu untuk memeriksa kondisi kereta serta persediaan air selama perjalanan. Di perhentian ini akan membutuhkan waktu tidak kurang 10 menit. Jadi bisa menghabiskan sebatang rokok terlebih dahulu sebelum kereta api melanjutkan perjalanan. 

Buat kamu yang sering menggunakan kereta api sebagai moda transportasi, bisa berbagi informasi di bawah, di stasiun mana sajakah kereta-kereta api punya kecenderungan berhenti lama.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Penulis

Artikel Lainnya