puntung rokok
PERTANIAN

4 Langkah Membuat Pestisida dari Puntung Rokok, Bisa Dicoba di Rumah

Puntung rokok sepertinya bukanlah benda yang bisa daur ulang. Sehingga menjadi pengganggu lingkungan. Bahkan kerap kali dibilang sebagai sampah nomor satu di planet bumi oleh kelompok anti rokok. 

Hah, lalu bagaimana dengan sampai plastik yang diproduksi setiap hari? Dan sulit terurai? 

Tetapi tahukah kamu bahwa puntung rokok bukan hanya terbuat dari bahan organik saja, dari kayu yang diberlakukan sedemikian rupa sehingga menjadi filter, dan mudah terurai? 

Selain itu, puntung rokok bisa dimanfaatkan untuk pertanian. Terutama puntung yang masih menyisakan tembakau. Puntung rokok sigaret kretek tangan tentu lebih pas.

Sisa tembakau dari rokok ini bisa menjadi pestisida di dunia pertanian. Laman Kementerian Pertanian mengutip hasil penelitian yang menunjukkan bahwa zat nikotin yang ada dalam tembakau bisa menganggu sistem saraf pusat serangga hingga mati. 

Pemanfaatan dari limbah rokok ini tidak punya efek jangka panjang karena nikotin mudah terurai di alam sehingga tidak menimbulkan kerusakan lingkungan. 

Pemanfaatan tembakau ini cocok untuk mengatasi penyakit menyerang pohon cabai yang daunnya keriting, kuning, kurus, dan rontok. Penyakit itu menyebabkan tanman tidak bertumbuh maksimal, produktivitas pun menurun, hingga yang terparah bisa membuat gagal panen. Penyebabnya ialah jenis hama yang tergolong dari kutu-kutuan yakni thrips, tungau, dan aphids. 

Langkah-langkah Membuat Pestisida dari Puntung Rokok

1. Kumpulkan Puntung Rokok

Pengumpulan puntung ini diperlukan untuk mendapatkan tembakau yang cukup. Disarankan untuk mencari puntung dari sigaret kretek tangan karena akan lebih mudah mendapatkan sisa tembakau. 

2. Rendam dengan Air

Perendaman sisa rokok dengan air untuk melarutkan nikotin. 

3. Tambahkan Belerang dan Abu Dapur

Agar lebih efektif, Anda bisa menambahkan bahan tambahan berupa belerang kurang lebih 3 ons, abu gosok 2 kg, dan air secukupnya. Oiya, kebutuhan tembakaunya 0,25 kg. 

4. Penyaringan

Perendaman dilakukan kurang lebih 4 s.d. 5 hari kemudian dilakukan penyaringan atas bahan-bahan tadi. Air rendaman ini pun bisa diaplikasikan ke tanaman agar terhindar dari gangguan hama.

Jadi, selamat mencoba membuat pestisida pertanian dari limbah rokok. Kamu bahkan bisa membuatnya hanya dari rumah.