logo boleh merokok putih 2

Apa Itu Rokok Herbal? Bentuk Kesalahpahaman Para Perokok

rokok herbal

Rokok herbal kembali populer sejak bisnis Ustaz Solmed meroket di media sosial. Pasalnya, kekayaan ustaz yang mencapai miliaran itu, konon, karena bisnis rokok herbal. Terlepas dari benar atau tidaknya kekayaan beliau dari bisnis tersebut, pertanyaannya, apa itu rokok herbal?

Istilah rokok herbal sebenarnya bukanlah istilah baru. Istilah itu sudah lama dikenal di Indonesia. Kenapa begitu? Sebab, kalo boleh jujur, yang namanya rokok di Indonesia sifatnya herbal. Tetapi, lebih spesifik lagi, herbal itu identik dengan kretek. Lalu, kenapa, kok, rokok kretek?

Kretek adalah campuran tembakau dan cengkeh. Produk ini hanya ada di Indonesia. Jika herbal itu identik dengan kesehatan, sesuatu yang dekat dengan tanaman, berarti kretek adalah produk herbal, bukan?

Apa Itu Rokok Herbal?

Tidak ada definisi resmi tentang apa itu rokok herbal. Namun, sependek pengetahuan penulis, rokok herbal merupakan semacam istilah untuk mematahkan stigma bahwa rokok itu tidak sehat. 

Sedangkan istilah rokok tidak sehat hadir semenjak WHO hadir di dunia. Rokok, yang saat itu dianggap obat di Indonesia, dan bahkan para dokter di luar Indonesia sering menampilkan citra merokok, sirna pasca WHO muncul. 

Rokok merupakan ancaman. Penyakit atau bahkan wabah yang menyebabkan semuanya menjadi candu. Oleh karena itu, WHO melarangnya dan membuat semacam “fatwa bahwa rokok adalah barang haram.”

Maka dari itu, untuk menanggulangi berbagai gempuran dari WHO, muncul rokok herbal. Rokok yang, sekali lagi, konon justru membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. 

Salah Paham tentang Rokok Herbal

Sayangnya, istilah rokok herbal terlanjur menggema di kalangan perokok. Dua kata yang saling bertolak belakang, yaitu rokok dan herbal kemudian menjadi laris manis di pasaran. 

Sebab, jika sebelumnya ada yang menganggap rokok tidak memberikan manfaat bagi tubuh, dengan adanya rokok herbal, semuanya menjadi terang. Padahal penyebutan kata tersebut adalah bentuk ketidakpahaman dari para produsen atau konsumen rokok.

Sejatinya rokok itu, ya, produk herbal. Apalagi kretek. Sebab, kretek adalah campuran kedua tanaman yang bermanfaat. Kalau pun rokok menjadi penyebab penyakit, ingat setiap produk pasti memiliki faktor risiko. Apa pun itu produknya. 

Jadi, apa itu rokok herbal? Ya, rokok biasa saja.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Penulis

Muhammad Kartolo

Muhammad Kartolo

Pemikir, vegetarian, kadang lucu, yang jelas jomblo akut.

Artikel Lainnya