Apa Perbedaan Tembakau Pipa dan Tingwe?

merokok tembakau pipa

Jauh sebelum ada rokok yang diproduksi secara massal, ada tembakau pipa rokok yang terlebih dahulu populer. Memang, sejak awal panen dan pengawetan tembakau, orang-orang mengemasi pipa dengan tembakau, seperti yang ditangkap dalam gambar ikonik petani dengan pipa tongkol jagung, kapten laut mengepalkan pipa, dan bangsawan menikmati pipa dengan minuman setelah makan malam.

Selama bertahun-tahun, mistik merokok pipa memudar dibandingkan dengan penerimaan yang lebih luas dari rokok, tetapi selalu ada segmen orang yang lebih suka pengalaman unik dan rasa tembakau pipa, seperti ada demografi tertentu yang memilih untuk melinting rokok mereka sendiri. Tetapi apakah produk tembakau linting dan pipa sangat bebeda? 

Ya, baik tembakau pipa maupun tembakau linting tergolong longgar dan dijual dalam kantong. Masing-masing memungkinkan pengguna untuk membuat pengalaman individual. Tetapi ada beberapa perbedaan penting juga. Dalam hampir semua kasus, tingwe adalah tembakau rokok, yang berarti ia dipotong menjadi untaian halus dan biasanya dikeringkan. Tembakau pipa, di sisi lain, memiliki karakteristik potongan yang lebih kasar dan lembab, cocok untuk pembakaran yang lebih lambat.

Untuk memudahkan memahami perbedaan antara antara tembakau pipa dan tingwe, berikut adalah penjelasan singkat tentang elemen tradisional tembakau pipa.

rokok pipa/cangklong

Aromatik dan Non-aromatik

Ini adalah dua segmen inti tembakau pipa. Aromatik, yang kabarnya paling populer, adalah campuran tembakau yang menampilkan lapisan rasa, seperti wiski, maple, karamel, vanila, dan bahkan cokelat. 

Tidak seperti tembakau rokok yang memiliki rasa yang ditambahkan setelah dikeringkan dan diproses, rasa tembakau pipa ditambahkan ke daun, prosedur yang dikenal sebagai casing, untuk rasa yang lebih alami. 

Tembakau pipa non-aromatik mungkin juga menawarkan sedikit rasa, tetapi biasanya sangat halus. Selain itu, tembakau pipa biasanya mengandung gula alami tingkat tinggi yang tidak ada dalam tingwe atau rokok.

Potongan Kasar

Seperti disebutkan sebelumnya, tembakau pipa menampilkan untaian yang lebih tebal, mulai dari 1/8 inci hingga 1/16 inci, yang masih lebih besar daripada sebagian besar gilingan halus yang digunakan dalam tingwe dan rokok.

Kelembaban Tinggi

Meski tidak selembab tembakau kunyah, tembakau pipa tidak sekering tingwe atau rokok. Inilah sebabnya mengapa kemasan kantong sangat cocok untuk tembakau pipa karena segel kedap udara membuat produk tetap segar.

Jenis Tembakau

Rokok modern dapat mencampur tembakau dari berbagai sumber dari seluruh dunia, tetapi tembakau pipa terutama berasal dari Virginia, Kentucky, North Carolina, Louisiana, dan Tennessee. Terlebih lagi, campurannya cenderung lebih organik, atau setidaknya dengan lebih sedikit bahan kimia tambahan daripada rokok.

Meskipun tidak sepenuhnya dapat dipertukarkan, ritual tingwe maupun merokok pipa sama-sama memiliki keunikan dan sensasi sendiri.

 

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

Former Apoteker Pendamping at Mayapada Hospital