logo boleh merokok putih 2

5 Rekomendasi Rokok Kretek Murah dan Enak, No. 4 Mudah Ditemukan di Warung!

rokok djarum dan djarum 76

Rokok dengan harga murah banyak berada di jenis Sigaret Kretek Tangan (SKT) atau kretek non filter. Akibat kenaikan cukai rokok yang terlalu tinggi, kini tak hanya orang tua saja yang menggemari rokok kretek non filter sebagai rokok andalan.

Akan tetapi, banyak anak muda yang beralih ke jenis rokok ini. Mereka pun tak sungkan lagi mengantongi rokok yang dianggap sebagai rokoke wong tuo ini ke tongkrongan.

Berikut rekomendasi rokok kretek murah dan enak yang wajib dicoba

Rekomendasi Rokok Kretek Murah dan Enak

Setidaknya ada lima rokok kretek yang murah dan enak. Apa saja itu? Simak di sini.

1. Tenor 

Rokok Tenor terhitung baru sekitar 1,5 tahun menjajaki pasar kretek di Indonesia. Kemunculan rokok ini disambut hangat oleh para penikmat kretek. Produksi dari pabrikan Kudus, rupanya rokok ini banyak digemari dan cocok di lidah. 

Kemunculan rokok ini juga terbilang membantu kantong para kawula muda di tengah harga rokok yang makin hari makin tak masuk akal.

tenor rokok kretek murah

Di awal kemunculannya, rokok ini muncul dengan harga 7,5 ribu rupiah saja. Namun, kenaikan cukai pada akhir tahun 2022 lalu membuat rokok ini naik sekitar dua ribuan, sekarang menjadi 9.5 ribu rupiah. Dengan harga tak lebih dari 10 ribu, dan rasa yang nikmat, rokok ini bisa menjadi rekomendasi yang manis dan kamu harus coba.

2. Gudang Garam Merah 

Gudang Garam Merah, siapa sih yang tak kenal dengan rokok legendaris ini. Konon, rokok ini disebut sebagai rokok dukun karena rokok ini digunakan sebagai media di banyak ritual masyarakat yang menggunakan sesajen.

Walaupun begitu, rasa dari rokok ini tak boleh diragukan. Rokok ini memiliki cita rasa tembakau dan rempah yang kuat, khas sekali tipikal rasa rokok kretek Indonesia. 

gudang garam merah

Rokok ini telah melewati berbagai masa dan regulasi terkait rokok. Namun, rokok ini tetap tangguh dan tak bisa digantikan begitu saja di hati para penggemar. Harga Gudang Garam Merah sekitar 15 ribuan saja. Rokok ini juga mudah ditemukan di mana-mana. Rasanya kurang afdol jika perokok belum pernah mencoba rokok ini.

3. Djarum Coklat Kretek 

Djarum Coklat Kretek merupakan salah satu rokok kretek non filter andalan dari PT Djarum. Rokok ini lumayan populer, tapi memang tak sepopuler Djarum 76 atau Djarum Super. Namun, rokok ini tak boleh dilewatkan untuk dicoba.

Saya pribadi benar-benar merekomendasikan rokok ini. Awalnya saya agak ragu untuk mencoba rokok ini, namun setelah saya mencoba, saya jatuh cinta dengan rokok ini. Mungkin bagi kalian biasa saja, tapi Djarum Coklat Kretek meninggalkan kesan yang mendalam di hati saya.

djarum coklat kretek

Tarikan dari rokok ini begitu halus dan enteng, tak seperti rokok SKT pada umumnya. Walaupun begitu, citarasa rempah dan tembakaunya masih sangat kuat. Dengan sensasi seperti itu, rokok ini juga tidak nyegrak di tenggorokan. Aftertastenya juga nikmat, tak begitu pahit. 

Harga dari rokok ini hanya 14.5 ribu rupiah saja. Dengan sensasi nikmat, rasa yang enak, dan harga yang murah, itulah alasan mengapa saya merekomendasikan rokok ini.

Ingat ya, Djarum Coklat Kretek, bukan Djarum Coklat Ekstra, beda lho.

4. Djarum 76

Bukan karena penikmat rokok Kudusan, namun harus saya akui bahwa PT. Djarum benar-benar berhasil dalam menciptakan berbagai varian rokok kretek non filter. Produk SKT dari Djarum tidak ada yang gagal. Semua variannya dapat diterima dengan baik di lidah para perokok.

Djarum 76, siapa yang tak kenal dengan rokok yang iklannya membuat penonton merasa nostalgia ini. Djarum 76 sudah hadir ke publik sejak 1976. Sudah 46 tahun rokok ini menghiasi dunia rokok di Indonesia. Dan sampai saat ini rokok ini masih berjaya.

djarum 76 rokok kretek murah

Tak perlu saya jelaskan panjang lebar bagaimana rasa dari rokok ini. Masih jaya hingga berpuluh-puluh tahun, berarti rokok ini memang istimewa. 

Di tengah harga rokok yang sedang mahal-mahalnya, Djarum 76 masih di harga tak lebih dari 15 ribu rupiah. Masih terbilang affordable dan sangat layak untuk dijadikan rokok pilihan terbaik sepanjang masa.

5. Tabaco Natural 34

Untuk rekomendasi rokok kretek murah yang terakhir mungkin namanya tak setenar keempat rokok sebelumnya, dan sepertinya tak banyak juga Kretekus yang mengetahui rokok ini. Namun, jika kamu menemukan rokok ini, segera beli.

tabaco natural 34

Tabaco, memiliki sensasi rasa yang khas seperti rokok SKT. Tarikannya sedikit berat, rasa tembakaunya kuat, rempahnya nendang, aromanya khas, aftertaste-nya meninggalkan sedikit rasa manis di lidah, dan harganya hanya 11 ribu rupiah saja. 

Itulah 5 rokok kretek murah dan enak yang wajib kamu coba. Daftar ini bisa menjadi panduan sebagai alternatif pengganti dari rokok-rokok mahal. Kalau kita mau sedikit berusaha untuk mencari rokok, banyak loh hidden gem rokok yang murah, enak dan legal di pasaran.

Negara kita ini kaya akan tembakau, dan dari situlah banyak rokok enak dan murah yang telah tercipta. 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Penulis

Artikel Lainnya