Tingwe

Klobot Jagung Bisa Menjadi Papir Alternatif Pecinta Tingwe

rokok klobot

Sebelum kita mengenal berbagai merek dan jenis papir yang banyak beredar di pasaran seperti, Buffalo Bill, Cap Wayang, Mascotte dan sebagainya, nenek moyang kita memanfaatkan klobot (daun pembungkus tongkol jagung) menjadi papir. 

Ialah Rara Mendut seorang putri bangsawan yang ingin diperistri Tumenggung Wiraguna. Dalam Babad Tanah Jawi diceritakan, Rara Mendut menolak pinangan Tumenggung tersebut, konsekuensinya ia dikenai pajak yang sangat mahal. Dari situlah, Rara Mendut kemudian mencari pundi dengan berjualan tembakau sampok, daun klobot serta bambu.

Kisah tutur yang menyatakan, rokok yang diracik Rara Mendut digemari banyak orang lantara pelekat papirnya dari ludah. Mungkin benar, mungkin juga salah. Yang pasti, kenikmatan rokok yang diracik Rara Mendut dihasilkan dari racikan yang tepat. Dan papir klobotlah yang paling digemari di zaman itu. Konon, klobot memiliki kualitas kepadatan dan pembakaran yang lebih baik, dengan rasa manis dan bau harum yang lebih alami.

Selain itu, klobot juga lebih mudah digunakan untuk melinting tembakau dan memiliki tekstur yang lebih kuat dari papir kertas, sehingga amat digemari para kretekus tingwe yang bekerja di hutan dan sawah. Rokok yang dilinting dari klobot juga dipercaya masyarakat petani, bisa menghangatkan tubuh dan kebanyakan nelayan menyukai rokok ini karena tidak mudah mati jika terkena angin.

rokok klobot

Papir dari klobot biasanya diambil dari kulit luar jagung yang paling tipis dan muda. Kulit tersebut direbus kemudian dikeringkan hingga sempurna, inilah kenapa tembakau dan cengkeh yang dibungkus klobot terasa lebih nikmat diisap daripada bila dilinting dengan papir kertas seperti pada umumnya.

Selanjutnya, untuk merekatkannya, biasanya menggunakan benang untuk mengikat di beberapa sentimeter dari ujung bakar. Pengikatan tiap batang ini bertujuan agar klobot tidak lepas, sebab ika menggunakan perekat biasa, potensi klobot untuk lepas akan semakin besar. 

Klobot bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia

Seperti yang dikutip Viva, sebuah studi terbaru menemukan bahwa serat pada klobot sangat bergizi dan memiliki banyak kemampuan melawan penyakit. Beberapa kegunaannya antara lain untuk, mencegah batu ginjal, meningkatkan kemampuan pembekuan darah, mengontrol diabetes, mengontrol kolesterol, meningkatkan pencernaan, menyehatkan kantung kemih dan mencegah penyakit jantung.

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

You may also like

Comments are closed.

More in:Tingwe