membeli rokok murah tanpa cukai
OPINI

Membeli Rokok Murah Tanpa Cukai, Jangan Coba-coba!

Membeli rokok murah tanpa cukai sama saja dengan mencederai jerih payah petani tembakau.

Pemerintah telah menetapkan kenaikan tarif cukai rokok untuk tahun 2023 dan 2024 sebesar 10%. Keputusan menaikan cukai untuk dua tahun sekaligus ini tentu bikin para perokok mengelus dada. Pasalnya dengan kenaikan cukai ini harga rokok semakin tinggi dan sulit dijangkau.

Kita tentu tahu jika uang dari cukai rokok ini adalah salah satu pendapatan tertinggi untuk negara. Tapi kan hasil dari pajak dan  cukai juga malah tak digunakan dengan semestinya. Pada awal tahun 2023 misalnya, Mahfud MD mengungkap dana 300T dan menyebut oknum-oknum Kemenkeu.

Bayangkan saja, sudah harganya tiap tahun naik eh hasil cukainya malah digunakan untuk memperkaya diri sendiri. Itu kan kurang ajar namanya. Kenaikan tarif cukai dengan angka yang besar juga berdampak pada banyak hal. Salah satunya tentu saja adalah mulusnya peredaran rokok ilegal.

Ya, dampak yang paling terlihat dari kenaikan cukai adalah banyaknya rokok ilegal dengan berbagai merek melenggang mulus di pasaran. Harga murah dan terjangkau jadi alasan kenapa distribusi rokok ilegal jadi lancar. Sangat mudah menemukan rokok ilegal dengan berbagai merek dan varian di warung-warung karena pesat sekali pertumbuhannya.

Bayangkan ada berapa pabrik-pabrik kecil yang mesti gulung tikar  dan menyebabkan angka pengangguran bertambah. Coba bayangkan sektor yang telah menghidupi banyak orang sejak dulu direnggut begitu saja karena jahatnya kenaikan cukai.

Ini kenapa pentingnya kita hindari membeli rokok tanpa cukai alias ilegal. Karena kalau bukan kita siapa lagi? Negara mana mau peduli dengan isu seperti ini, toh pada kenyataannya sikap mereka seolah membiarkan kok.  Jadi kita tidak boleh melakukan pembiaran soal ini. 

Sebagai perokok jika mencari rokok murah, membeli rokok yang ilegal tidak dibenarkan. Ada banyak alternatif rokok murah yang bisa kita jangkau tapi legal. Seburuk-buruknya kelakuan para “oknum” soal cukai, jangan sampai kita melakukan hal yang sama dengan membeli rokok ilegal.

Ada banyak rokok dengan kisaran Rp. 15.000 -an kebawah yang bisa kalian dapatkan. Atau kalau kisaran segitu masih berat kalian bisa pilih tingwe untuk memenuhi kebutuhan ngebul kalian sehari-hari. Ada banyak jalan yang membuat kita aman dan tak perlu memberi rokok ilegal.

Jadi perokok di Indonesia memang tak mudah. Diterjang cukai naik, didiskriminasi pemerintah, ditakut-takuti oleh isu kesehatan, hingga mesti menghindari godaan rokok ilegal yang bermunculan. Tapi semua terjangan itu justru membuat kita menjadi perokok yang dewasa sekaligus santun.

Sekali lagi kalian mesti ingat gaes, jangan keluar dari jalan ninja perokok santun. Sebab perokok santun adalah mereka yang menghindari beli rokok ilegal dan tetap membeli rokok dengan cukai. Karena dengan ini kita ikut memberikan sumbangsih nyata pada pembangunan negara.