Rokok Surya, Cita Rasa dan ‘Pride’ Masyarakat Jawa Timur

rokok surya 16

Rokok Surya adalah puncak cita rasa bagi penikmat kretek di Jawa Timur. Di antara tembakau dan cengkeh yang terbakar setiap lintingnya, menguar kelezatan pada isapnya.

Begitulah kira-kira kata seorang teman jika sedang berdebat cita rasa rokok. Kami memang sering beradu pride. Saya yang Jawa Tengah, tentu saja akan membangga-banggakan rokok produksi kudusan. Sementara kawan saya sepertinya kadung mendarah daging jika rokok paling enak di dunia dan akhirat adalah Surya. 

Teman saya ini adalah calon generasi emasnya Jawa Timur, yang juga santri tulen di salah satu pondok besar di Jawa Timur. Fanatismenya terhadap rokok Surya, menurutnya, bagian dari tafaulan dan tabarukan kepada para kiai. Banyak kiai Jawa Timur yang gemar mengisap ini.

rokok surya

Fanatisme terhadap rokok Surya

Saya kira, fanatisme terhadap Surya tidak hanya terjadi kepada mereka yang lahir dan besar saja, tetapi sudah menyentuh orang-orang yang numpang hidup di sana. Misalnya, sepupu asli Jateng, bertahun-tahun nyantri di Jawa Timur, dan hanya Surya yang bisa ia rokok.

Saya kira, rokok Surya ini sudah menjadi semacam legenda di Jawa Timur sana. Tua dan muda semuanya kompak, jika menyebut kebanggaan rokok wong Jawa Timur  ya Surya jawabannya.

Surya yang banyak disukai oleh teman-teman saya adalah Surya 16. Pernah saya tanya, kenapa tidak rokok Surya 12? Jawabannya pun sangat sosialis sekali, ya katanya yang 16 batang lebih bisa untuk banyak orang. Padahal sebenarnya ya Surya 16 memang versi terbaik produk Gudang Garam, tentu saja setelah Gudang Garam International jadul yang lezat. 

batang rokok surya 16

Kalo bagi saya sendiri sih, Surya 16 tidak begitu masuk, apalagi saya terbiasa merokok manis dan tingwe dengan tembakau-tembakau yang berat. Surya 16 terlalu kering dan aftertaste meninggalkan dahak. Ini memang tipikal rokok yang akan pasti nikmat sekali diisap pada hawa-hawa yang sangat dingin. 

Kadang saya heran saja sama teman-teman atau kepada supir truk (konon rokok ini identik dengan supir truk), pada suhu yang sumuk alias panas, mereka tetap bisa nyebats dan terlihat nikmat sekali. 

Tetapi, ya inilah mungkin definisi paling tepat untuk kata ‘pride’. Jawa Timur adalah Surya, karena Surya adalah mentari yang kadang panas, kadang juga tak tampak.

Bijak Berkomentar Tanda Kretekus Santun

Pesilat dari tanah Jawa