jenis tembakau gayo aceh
PERTANIANTingwe

Ini Dia Ragam dan Jenis Tembakau Gayo Aceh yang Paling Terkenal

Di Provinsi Aceh bagian tengah, di daerah dataran tinggi, ada sebuah suku yang dikenal lewat produk tembakau nya yang sangat ciamik: Suku Gayo. Buat kalian yang belum tahu, suku gayo meliputi daerah Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues. Keberadaan mereka tentu saja sangat kita syukuri, sebab jika bukan karena mereka kita tak akan mengenal salah satu jenis tembakau terbaik di Indonesia.

Tembakau Gayo tentu saja sudah sangat akrab di telinga para perokok. Siapapun, pasti pernah dengar khususnya untuk para Ultras Tingwe. Kata teman saya, jenis tembakau ini mirip dengan ganja karena punya aroma dan rasa yang nyaris serupa. Kata teman saya loh, ya. Warna hijau pada tembakau Gayo sendiri karena daun tembakau muda yang dijemur pada saat mendung atau malam hari pada suhu tertentu.

Aroma dan rasanya sendiri dipengaruhi oleh suhu dan kelembapan dataran tinggi Gayo. Kalian yang sering tingwe, pasti sepakat jika tembakau ini sangat mantap, kan? Saya juga yakin jika jenis ini bukan ganja dan tidak menyebabkan halusinasi. Semoga kedepannya tidak ada lagi stigma pada tembakau ini.

Nah bicara soal tembakau gayo, apa kalian tahu jika tembakau gayo punya banyak jenis? Berbagai jenis ini tentu saja sangat memanjakan para pecinta tingwe. Untuk kalian yang masih belum tahu, ini dia ragam dan jenis Tembakau Gayo Aceh yang paling terkenal, wajib kalian coba!

Tembakau Gayo Hijau

tembakau gayo hijau

Tembakau Gayo Aceh paling terkenal memang dibedakan dengan warna, yang pertama tentu saja adalah tembakau Gayo Hijau. Soal ini saya rasa kalian pasti sudah paham karena memang tembakau ini bisa dibilang paling hits. Rasa dari tembakau paling muda atau hijau hisapannya sangat ringan, punya aroma dan rasa yang khas. Tembakau Gayo Hijau ini menurut saya termasuk yang paling cepat terbakar.

Tembakau Gayo Kuning

tembakau gayo kuning

Jenis kedua adalah tembakau kuning. Dengan warna kuning kecoklatan, tekstur yang pulen, tembakau Gayo Kuning ini juga punya aroma yang segar. Tembakau Pulen ini maksud saya karena ketika dilinting sangat mudah alias lebih mudah dibentuk dan hasil pembakarannya lambat. Sama seperti gayo hijau, tarikan pertamanya sangat halus.

Saking halusnya terasa sangat nyaman dan tidak nendang di tenggorokan. Aromanya setelah dibakar tidak terlalu dominan tapi punya rasa segar. Cocok untuk kalian yang memang suka rokok rasa mild, bisa jadi pilihan paling cocok untuk kalian para tingwe pemula.

Tembakau Gayo Merah

tembakau gayo merah

Jenis terakhir adalah Tembakau Gayo Merah. Jenis tembakau ini rajangannya sangat halus dan sebelum dibakar punya kesan full flavour. Entah kenapa semua jenis tembakau gayo ini memang punya aroma yang khas, termasuk juga Tembakau Gayo Merah. Rasanya paten, tarikannya sangat enak, dan tidak “nyenggrek” di tenggorokan.

Selain itu ada rasa gurih dan pahit dari keduanya yang sangat nge-blend. Lebih mantap karena sangat soft alias tidak ganas. Tembakau Gayo Merah termasuk salah satu jenis yang sangat saya sukai, karena selain semua yang sudah saya jelaskan, secara keseluruhan intinya pulen!